Tentara Amerika Siapkan Mobil Terbang Untuk Misi Khusus di Wilayah Konflik

Senin, 20 Juni 2022 - 19:00 WIB
loading...
Tentara Amerika Siapkan Mobil Terbang Untuk Misi Khusus di Wilayah Konflik
Angkatan Udara Amerika Serikat pernah menguji coba mobil terbang buatan Lift. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Tentara Amerika akan menggunakan mobil terbang untuk menjalankan misi khusus di wilayah konflik. Tepatnya mobil-mobil terbang itu akan digunakan oleh tentara Angkatan Udara Amerika Serikat dengan target khusus masuk ke wilayah musuh tanpa terdeteksi.

Proposal itu sendiri disebutkan Auto Hindustan Times tertuang dalam proyek bernama Agility Prime. Dalam proyek itu Angkatan Udara Amerika Serikat akan menguji berbagai purwa rupa mobil terbang yang bisa melakukan lepas landas dan mendarat secara vertikal atau Vetical Take-off and Landing (eVTOL).

Proyek itu sendiri sudah mendekati finalisasi karena menurut Defense News saat ini akan ada 66 mobil terbang yang akan dibeli. Sayangnya tidak disebutkan mobil terbang mana yang berhasil mencuri perhatian Angkatan Udara Amerika Serikat itu.

Baca juga : Perbandingan Harga Rolls-Royce Nagita Slavina dengan di Thailand, dan Amerika Serikat

Tentara Amerika Siapkan Mobil Terbang Untuk Misi Khusus di Wilayah Konflik


Nantinya tugas mobil terbang tersebut adalah masuk ke wilayah konflik dan membantu mobilisasi para tentara Amerika Serikat. Termasuk membantu para tentara keluar dari wilayah konflik dengan aman.

Mobil-mobil terbang itu nantinya juga akan dijalankan untuk menggantikan kerja helikopter. Pasalnya mobil terbang memiliki ukuran yang lebih kompak dibandingkan helikopter jika ingin melakukan operasi khusus. Helikopter jauh lebih mudah teridentifikasi ketimbang mobil terbang.

Mobil terbang juga diyakini jauh lebih fungsional ketimbang helikopter. Pasalnya saat dioperasiokan kendaraan udara itu tijdak membutuhkan lokasi lepas landas dan mendarat yang snagat khusus.

Baca juga : Hyundai Palisade XRT, Buat yang Suka Petualangan Ekstrem

Harga mobil terbang juga saat ini jauh lebih murah dibanding helikopter. Bahkan perawatannya akan lebih efisien karena mobil terbang digerakkan oleh listrik.

Saat ini tentara Amerika Serikat memang sudah sangat terbiasa dengan alat-alat moderen dan canggih. Mereka bahkan sudah sangat ahli dalam menggunakan drone. Diyakini mobil terbang atau eVTOL akan jadi senjata baru yang membuat tentara Amerika Serikat jauh lebih taktis.

Bahkan disebutkan Auto Hindustan Times, mobil terbang akan jadi game changer industri senjata militer.
(wsb)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1350 seconds (11.97#12.26)