Ciri Tutup Radiator Rusak yang Perlu Diperhatikan Pengendara

Senin, 20 Juni 2022 - 15:21 WIB
loading...
A A A
Sedangkan pada tekanan relief valve yang terlalu rendah ini sering ditemui karena memang tekanan pegas yang sudah lemah. Bila tekanan lebih tinggi dibanding tutupnya, ini akan menyebabkan sistem pendingin bermasalah dan merusak komponen lainnya.

Komponen yang akan terpengaruh antara lain adalah selang yang terdapat pada saluran air menjadi bocor. Bisa jadi ini membuat radiator rusak dan menggembung akibat tutupnya terlalu tinggi. Saluran air sebenarnya adalah komponen radiator paling tipis sehingga cukup rentan dengan masalah tekanan.

6. Air dalam radiator cepat habis

Terdapat komponen yang namanya katup tekan dan katup vakum dalam radiator. Kedua katup ini berfungsi untuk mengeluarkan dan menghirup udara secara bergantian sehingga air berputar dari tangki reservoir ke radiator.

Bila kedua katup ini rusak, dapat mengakibatkan sirkulasi air tidak optimal. Sehingga, sirkulasi tak normal ini menyebabkan volume air radiator semakin berkurang karena tumpah keluar melalui tangki reservoir. Penyebab kedua katup dan tutup radiator rusak adalah usia pakai dan sering dibukanya tutup.
(bim)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2768 seconds (0.1#10.140)