6 Cara Merawat Mobil yang Jarang Dipakai, Kenali dan Pahami

Senin, 04 Juli 2022 - 15:22 WIB
loading...
6 Cara Merawat Mobil yang Jarang Dipakai, Kenali dan Pahami
Sedikitnya ada enam cara merawat mobil yang jarang dipakai. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada enam cara merawat mobil yang jarang dipakai. Dengan memahaminya, Anda tidak perlu khawatir mobil mengalami kerusakan meski tidak pernah dipakai.

Terkadang, seorang pemilik kendaraan tidak menggunakan mobilnya dalam jangka waktu tertentu. Dalam hal ini, alasannya cukup beragam. Ada sebagian yang memiliki mobil lebih dari satu. Sedangkan ada juga yang sudah beralih dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum.

Baca juga : 4 Tips Merawat Mobil di Musim Hujan Ekstrem

Apapun alasannya, pengendara harus tetap merawat mobilnya. Bukan tanpa alasan, hanya saja untuk meminimalisir kemungkinan kerusakan yang muncul saat kendaraan jarang digunakan.

Dilansir dari Auto 2000, berikut cara merawat mobil yang jarang dipakai :

1. Memanaskan Mobil secara Rutin

Cara yang paling umum adalah dengan memanaskan mesin mobil setiap harinya. Meskipun kendaraan tidak akan digunakan, hendaknya pengemudi menyempatkan waktunya untuk menyalakan mobil selama beberapa saat.

Alasannya sederhana. Hal ini dilakukan agar oli tidak menggumpal sehingga semua komponen akan tetap terlumasi. Dalam jangka panjang, cara ini bisa menghindarkan mesin terkena korosi.

2. Penuhi Bahan Bakar

Pada kendaraan yang jarang dipakai, jangan biarkan tangki bensinnya kosong. Hal ini untuk menghindari adanya ruang kosong pada tangki.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2192 seconds (0.1#10.140)