Waspadai, Ini Komponen Transmisi Manual pada Mobil yang Rawan Rusak

Jum'at, 08 Juli 2022 - 15:00 WIB
loading...
A A A
Ketebalan kampas kopling pasti berkurang akibat terkikis saat pemakaian dengan usia rata-rata sekitar 80.000 kilometer. Meski begitu, cara berkendara yang tidak tepat dapat memperpendek usianya.

Jika kampas kopling sudah aus maka akan berpengaruh terhadap perpindahan gigi transmisi yakni terasa lebih sulit. Selain itu, akan terjadi selip kopling yang membuat penyaluran tenaga mesin ke transmisi terhambat dan membuat mobil tidak dapat berlari.

Bahkan dalam kondisi tertentu bisa muncul bau sangit seperti metal terbakar lantaran kampas kopling sudah habis.

2. Tutup Kopling (Clutch Cover)

Komponen kopling selanjutnya yang rawan masalah adalah tutup kopling atau clutch cover. Tutup kopling bertindak layaknya sebuah “rumah” bagi beberapa komponen seperti pegas diafragma serta pelat penekan.

Letaknya menyelimuti kampas kopling dan terhubung langsung dengan roda gila (flywheel). Biasanya usia pakai cover ini sama dengan kampas kopling.



Oleh karena itu, ketika melakukan penggantian kampas kopling disarankan turut mengganti tutup kopling. Kalau penggantian kampas kopling tidak bersama dengan cover kopling, maka akan berisiko usia pakai kampas kopling lebih pendek disebabkan kondisi cover kopling yang lama sudah tidak rata.

Hal tersebut yang menyebabkan kopling mudah rusak meskipun kampas sudah diganti dengan yang baru.

3. Release Bearing
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3833 seconds (0.1#10.140)