Tertinggal Hadirkan Mobil Listrik, Toyota Justru Terdepan di Baterai

Minggu, 17 Juli 2022 - 10:03 WIB
loading...
Tertinggal Hadirkan Mobil Listrik, Toyota Justru Terdepan di Baterai
Teknologi baterai tipe solid baru ini sepertinya tidak akan muncul pada kendaraan listrik manapun,. FOTO/ IST
A A A
TOKYO - Sudah menjadi rahasia umum jika Toyota mungkin salah satu produsen yang sedikit tertinggal dalam perlombaan untuk memasok model kendaraan listrik, tetapi dari sudut pandang penelitian, pabrikan itu pernah dinobatkan sebagai pemegang paten nomor satu terbesar di dunia.

Sebagian besar paten diberikan penelitian penutup di bidang studi baterai untuk mendukung upaya elektrifikasi merek.



Tak heran, Toyota kembali dinobatkan sebagai pemimpin teknologi baterai solid-state berdasarkan laporan terbaru dari Nikkei Asia.

Menurut laporan, Toyota saat ini memegang total 1.331 paten di bidang teknologi, diikuti oleh Panasonic (445 paten), Idemitsu Kosan (272 paten) dan tidak ketinggalan Samsung yang berada di posisi keempat.

Teknologi baterai tipe solid baru ini sepertinya tidak akan muncul pada kendaraan listrik manapun, sebaliknya Toyota berencana untuk memasang unit baterai pertama ini pada model hybrid yang akan diperkenalkan dalam beberapa tahun ke depan – kemungkinan besar generasi baru Prius.

Toyota telah mempelajari jenis baterai solid ini sejak tahun 1990-an, di mana akumulasi paten mencakup berbagai sudut termasuk struktur baterai, bahan, dan proses manufaktur.

Perusahaan juga bekerja sama dengan Panasonic untuk memproduksi baterai solid jenis ini setelah mendirikan perusahaan patungan pada tahun 2020.

Selain Toyota, Nissan juga tertarik menawarkan EV dengan teknologi baterai solid yang akan mulai dijual pada 2028.

Di antara faktor utama yang menjadi kendala saat ini adalah biaya.

Menurut Nissan, biaya produksi baterai padat jenis ini adalah sekitar USD75 per kWh di mana mereka bermaksud untuk lebih mengurangi biaya menjadi USD65 per kWh, menjadikannya semahal biayanya. untuk mengembangkan model mesin pembakaran internal

Pada titik ini, biaya produksi baterai EV rata-rata mendekati USD130 per kWh. Dengan teknologi baterai solid, dikatakan mampu mengisi daya lebih cepat, bertahan lebih lama, dan memiliki kepadatan energi yang jauh lebih besar daripada paket baterai yang ada.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2996 seconds (0.1#10.140)