Dibikin dalam 18 Bulan, Konsep Mobil Listrik Mercedes Tempuh 1.000 Km dengan Sekali Charging

Senin, 01 Agustus 2022 - 20:41 WIB
loading...
Dibikin dalam 18 Bulan, Konsep Mobil Listrik Mercedes Tempuh 1.000 Km dengan Sekali Charging
Mercedes-Benz berhasil mewujudkan konsep mobil listrik yang mampu menempuh jarak 1.000 kilometer hanya dengan sekali pengisian daya (charging). Foto/Mercedes/Popsci
A A A
BERLIN - Mercedes-Benz berhasil mewujudkan konsep mobil listrik yang mampu menempuh jarak 1.000 kilometer hanya dengan sekali pengisian daya (charging). Kendaraan konsep yang diberi nama EQXX berhasil diwujudkan dalam waktu 18 bulan.

Hasilnya adalah Vision EQXX yang tersampir rendah, tingginya hanya 53 inci, dan desainnya yang licin menghasilkan koefisien hambatan angin (CoD) hanya 0,17. Dalam industri mobil, apa pun yang kurang dari 0,30 dianggap sangat baik. Skor antara 0,18 dan 0,20 dianggap sudah luar biasa untuk setiap model produksi EQS Mercedes.

Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan mengganti pelat pendingin bagian bawah untuk radiator biasa. Udara mengalir di sepanjang sisi bawah pelat ini daripada melalui sirip pendingin radiator, yang secara dramatis mengurangi hambatan.

Baca juga; Mercedes Pamer Kemampuan Mobil Listrik EGQ Berputar 360 Derajat

Pendinginan EQXX memiliki pembuangan udara di kap mesin yang dapat menarik udara dari bawah bagian depan mobil saat dibutuhkan dalam cuaca panas. Melakukan hal itu hanya menambahkan 0,007 ke koefisien drag mobil.

Mercedes ingin siapa pun yang melihat Vision EQXX menganggapnya sebagai mobil sungguhan dan bukan eksperimen. Jadi tim aerodinamis membatasi lancip ke belakang yang mengurangi hambatan mobil menjadi dua inci, menghindari rok spatbor belakang yang mengurangi hambatan aerodinamis yang dihasilkan dari roda belakang secara turbulen di udara, dan memasang kaca polos.

Tidak seperti kendaraan yang sangat bertenaga dan cepat seperti Hummer EV 1.000 tenaga kuda, motor listrik tunggal EQXX yang menggerakkan roda belakangnya memiliki tenaga 241 tenaga kuda. Namun, motor itu hanya bertugas untuk memindahkan bobot yang sama sederhananya (untuk EV) sebesar 3.858 lbs.

Baca juga; Mercedes-Benz Sukses Uji Coba Mobil Listrik Terhemat di Dunia

EQXX menggunakan konstruksi serat karbon eksotis dan memiliki apa yang disebut coran bionik yang bentuknya dioptimalkan. Sumber besar pengendalian berat mobil berasal dari paket baterainya, yang relatif lentur 1.091 lbs.

Untuk paket 100 kilowatt-jam, itu pencapaian yang luar biasa. Mercedes mencapai ini dengan menggunakan baterai 920 volt dengan elektronika daya silikon karbida. Mercedes mampu menghasilkan baterai yang berukuran setengah dari ukuran fisik baterai dan menghemat ruang 30 persen.
Dibikin dalam 18 Bulan, Konsep Mobil Listrik Mercedes Tempuh 1.000 Km dengan Sekali Charging
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1611 seconds (10.55#12.26)