Jangan Kaget, Ini Penyebab dan Gejala Fuel Pump Motor Injeksi Melemah

Kamis, 11 Agustus 2022 - 10:30 WIB
loading...
A A A
Seperti yang sudah dikatakan di atas, saat kontak motor ke posisi ON, fuel pump akan langsung memompa bensin secara otomatis. Saat itu pula akan terdengar dengungan dari fuel pump. Kecurigaanmu harusnya meningkat ketika dengungan itu terdengar lebih lirih daripada biasanya. Bisa jadi memang fuel pump motormu sedang bermasalah dan sedang dalam kondisi lemah.

Saat ini yang harus kamu lakukan adalah membawanya ke dealer service terdekat untuk memastikan keadaannya. Jangan sampai membawanya ke bengkel saat fuel pump sudah tidak berfungsi lagi. Bisa – bisa kerusakan yang ada malah merembet kemana-mana.

3. Lampu Indikator Berkedip

Pertanda yang paling jelas adalah adanya kedipan pada check engine lamp. Sudah jelas kalau ada masalah yang terjadi pada motormu jika check engine lamp berkedip. Tentunya kalau lampu ini berkedip dan disertai kedua gejala diatas, maka sepertinya sudah jelas kalau fuel pump motormu minta diservis.

Oleh karenanya buruan bawa motormu untuk diservis di bengkel resmi terdekat. Biasanya di bengkel resmi, fuel pump akan langsung dites dengan menggunakan alat bernama full pressure gauge. Dengan menggunakan alat ini, tekanan yang dihasilkan oleh fuel pump akan langsung terbaca. Jika ada masalah, pasti langsung ketahuan.

Baca juga : Dibuka Besok, Ini 10 Mobil Baru di GIIAS 2022 yang Harus Anda Cermati

Sayangnya jarang yang menjual sparepart dari fuel pump ini. Kebanyakan fuel pump dijual satu paket (yaitu motor pompa, IC control, fuel level gauge dan saringan). Harganya sendiri juga lumayan mahal, bisa sampai 800ribuan.

Tapi bisa jadi di bengkel – bengkel kecil menjual spare part dari fuel pump. Hanya saja kamu gak boleh asal beli spare part sembarangan. Mengoplos spare part seadanya malah akan menimbulkan masalah pada motormu. Bukannya menyelesaikan masalah, kamu malah akan membuat masalah baru.

Memang fuel pump adalah salah satu part terpenting yang ada di motor injeksi. Oleh karenanya kamu wajib menjaga motor agar selalu sehat. Salah satunya adalah dengan menjaga agar motor tidak kehabisan bensin. Hal sepele seperti ini bisa menyebabkan kinerja fuel pump terganggu lho. Yuk tetap cari aman supaya motor yang kita kendarai tetap sehat dan dalam kondisi yang prima.
(wsb)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1469 seconds (10.55#12.26)