Bukan Mistis, Ini Alasan Mobil Kepresidenan Berwarna Hitam

Senin, 22 Agustus 2022 - 12:30 WIB
loading...
A A A
Warna hitam itu membuat mobil kepresiden mudah berkamuflase sebagai alasan keamanan. Apalagi dalam rangkaian itu juga ada mobil kepresidenan cadangan. Jadi potensi ancaman keamanan akan bisa dihindari karena mobil akan sulit dikenali.



Dari sisi psikologi warna, mengutip laman Top Gear, hitam berkonotasi kepada kekuatan, keanggunan, formalitas, dan kualitas lainnya. Warna hitam menunjukkan kekuatan dan otoritas.

"Karena representasi makna warna yang sesuai untuk pemimpin negara tersebut, kebanyakan mobil presiden hadir dengan warna hitam. Bahkan, di Amerika Serikat, mobil kepresidenan termasuk semua kendaraan pengawalnya selalu berwarna hitam," tulis Top Gear.

Warna hitam juga menjadi cara untuk membedakan mobil kepresidenan dengan kendaraan pemerintah lain seperti mobil polisi, pemadam kebakaran, kendaraan militer, dan sebagainya. Seperti di Indonesia dimana tiap satuan militer yang ada di Indonesia baik darat, laut, udara dan kepolisian memiliki warna masing-masing di mobil dinas mereka.

Jadi faktor pemilihan warna hitam buat mobil kepresidenan memang bukan karena alasan mistis. Memang pernah terjadi pemerintah Turkmenistan melarang mobil-mobil berwarna hitam beredar di negara tersebut. Termasuk mobil kepresidenan yang harus berwarna putih. Alasannya mobil-mobil warna putih lebih banyak membawa keuntungan dibandingkan mobil berwarna hitam.
(wsb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2405 seconds (0.1#10.140)