Semua Suka Turbo, Yuk Mengenal Cara Kerja dan Fungsi Mesin Turbocharger

Kamis, 25 Agustus 2022 - 22:00 WIB
loading...
A A A
Turbocharger memanfaatkan aliran udara panas dari knalpot mesin. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan tekanan dan densitas udara di dalam ruang bakar. Artinya, knalpot dari mesin tidak dikirim langsung ke knalpot. Alih-alih knalpot dikirim ke bagian turbo mobil terlebih dahulu, ia menampung turbin yang berputar.

Selain itu, kompresor dapat menggunakan energi mekanik untuk mengompres atau menarik lebih banyak udara ke ruang bakar mesin dari luar. Putaran yang dihasilkan turbo bisa mencapai 150.000 rpm, hingga 30 kali putaran mesin mobil biasa.

Ketika mesin berputar pada kecepatan tertentu, turbo baru mulai bekerja. Ini karena turbin baru berputar ketika tekanan yang cukup diterapkan ke gas buang. Semakin cepat putaran mesin, semakin kuat momentum dari gas buang ke turbin.

Semakin kuat gerakan turbin, semakin tinggi putaran kompresor. Udara yang masuk ke ruang bakar lebih teroksigenasi, lebih padat dan pada tekanan yang lebih tinggi. Hal ini memungkinkan campuran bahan bakar-udara di ruang bakar untuk menunjukkan daya ledak yang tinggi ketika busi menyala dan membakar campuran di antara keduanya.

3. Kelebihan Turbocharger Bagi Mobil

Mesin turbocharger memiliki keunggulan unik dari sudut pandang ekologi, karena mereka menggunakan gas buang, yang sebenarnya merupakan polutan udara, sebagai energi tambahan untuk pembakaran. Keunggulan performa mesin ini sangat bergantung pada kendaraan itu sendiri.

Banyak orang percaya bahwa semakin modern mobil, semakin menguntungkan mesin turbo. Mobil menjadi lebih irit dan ramah lingkungan. Mesin ini juga memastikan mobil Anda tetap bertenaga.



Semua Suka Turbo, Yuk Mengenal Cara Kerja dan Fungsi Mesin Turbocharger


4. Cara Perawatan Mesin Mobil Turbocharger
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3158 seconds (0.1#10.140)