Penting Dipelajari, 5 Cara Menjaga Ban Motor agar Tidak Cepat Retak

Kamis, 01 September 2022 - 14:14 WIB
loading...
A A A
2. Tidak Membawa Muatan Berlebihan

Bawalah muatan yang sesuai dengan standar kapasitas motor. Membawa muatan yang berlebihan dapat menyebabkan ban cepat botak dan permukaan ban menjadi retak karena ban terasa terbebani.

Tidak hanya itu, membawa muatan yang berlebihan dalam berkendara juga sangat membahayakan diri. Jadi bawalah muatan yang sesuai pada motor agar diri tetap selamat dan ban motor juga lebih awet.

3. Rajin Membersihkan dan Merawat Ban

Rutinl membersihkan kotoran-kotoran yang melekat pada permukaan ban motor agar ban tidak mudah retak. Kotoran yang menempel seperti pasir dan kerikil dapat menjadi pemicu ban mudah bocor dan retak.

Merawat ban motor tidaklah susah, cukup basahkan permukaan ban lebih dulu dengan air sabun dan bersihkan permukaan ban secara merata menggunakan sikat.



4. Tidak Parkir Motor di Lapangan yang Langsung di Bawah Sinar Matahari

Jangan memarkir motor tepat di bawah sinar matahari yang mentereng, karena sinar matahari memicu tekanan angin pada ban semakin tinggi sehingga dapat menyebabkan ban meledak dan retak. Parkirlah motor di cuaca yang lebih teduh agar ketika kembali digunakan motor tidak terasa panas.

5. Menggunakan Cairan Semir Motor yang Tepat
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2402 seconds (0.1#10.140)