Mengenal Omnibus, Jenis Bus Awal Abad ke-19 yang Ditarik Kuda

Kamis, 29 September 2022 - 10:16 WIB
loading...
A A A
Itulah yang melatarbelakangi Hallidie, pada 1873, menemukan sistem baru yakni alat transportasi yang menggunakan kabel. Jelas, hal ini mengurangi kebutuhan kuda sebagai alat bantu transportasi.

Kereta gantung ini bukanlah seperti yang ada di tempat wisata. Melainkan penggunaan kabel yang diletakkan sejajar di jalan raya. Kabel tersebut memiliki klem pada bagian bawah sehingga memungkinkan kabel dipegang untuk bergerak dan dilepas ketika harus berhenti.

Kereta gantung ini menjadi transportasi yang sangat ikonik di Amerika Serikat. Kini beberapa kereta gantung sudah tidak beroperasi, namun masih ada yang digunakan untuk bernostalgia.

Inovasi tidak sampai di situ, pada akhir abad ke-19 lahirlah modifikasi bus motor. Alat transportasi ini memiliki kecepatan 18 kilometer per jam dan mampu menampung 20 penumpang. Akhirnya produksi bus bermotor diproduksi secara massal. Pada tahun 1910, ada 3.000 unit bus dua tingkat Type-B yang diproduksi di London. Sejak itu, bus berkembang dan terus berinovasi hingga kini.
(wsb)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3533 seconds (11.252#12.26)