Mengenal Omnibus, Jenis Bus Awal Abad ke-19 yang Ditarik Kuda

Kamis, 29 September 2022 - 10:16 WIB
loading...
Mengenal Omnibus, Jenis Bus Awal Abad ke-19 yang Ditarik Kuda
Omnibus pertama kali digagas di Prancis namun kemudian berkembang pesat ke negara-negara lain seperti di Inggris dan Amerika Serikat. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Sejak pertama kali dibuat pada 20 September 1831 oleh Gordon Bronz, bus sudah menjadi bagian dari alat transportasi massal yang digunakan masyarakat. Fleksibilitas rute yang dimiliki bus membuat transportasi massal itu selalu ditemukan di berbagai negara di dunia.

Sejalan dengan perubahan zaman dan kemajuan teknologi, moda transportasi juga menjadi semakin maju. Bus kini bahkan telah hadir dengan tenaga listrik, tanpa perlu mengisi BBM.

Konsep ramah lingkungan yang digaungkan bus listrik ini mengingatkan pada masa lampau. Sebelum bertransformasi menjadi kendaraan bermotor dan berbahan bakar minyak, cikal bakal bus di zaman dulu hanya mengandalkan tenaga kuda, yang dikenal dengan sebutan omnibus.

Transportasi omnibus pertama kali muncul di Prancis. Di Kota Nantes, ada seorang pensiunan jenderal bernama Stanislas Baudry. Ia mendirikan tempat pemandian uap di luar Nantes. Agar usahanya tersebut bisa dikunjungi banyak orang, pada 1826, Baudry mulai memberi fasilitas transportasi untuk membawa calon pelanggan.

Meskipun orang tidak benar-benar mendatangi tempat pemandian uap tersebut, layanan angkutan yang dirintis Baudry justru popular. Orang-orang menyebut layanan transportasi Baudry itu dengan omnibus. Hal itu karena tempat perhentian layanan transportasi itu bersebelahan dengan toko milik penjual topi bernama Omnes, dengan penanda toko bertuliskan “Omnes Omnibus”, berarti Omnes untuk semua.

Istilah itu dianggap cocok, sebab kata omni dalam bahasa Latin bermakna untuk semua. Saat itu, layanan omnibus, yang dapat mengangkut 14 penumpang, memang ditujukan untuk semua orang dan tanpa dipungut bayaran.

Pada 1828, Baudry mulai mengoperasikan omnibus secara komersial dan dalam skala besar di Paris. Sejak itu, omnibus semakin berkembang. Pada tahun 1836, ada total 16 operator omnibus di Paris, meliputi 35 rute.

Baca juga : Mengenal Hoverbike XTURISMO, Sepeda Motor Terbang Masa Depan

Mengenal Omnibus, Jenis Bus Awal Abad ke-19 yang Ditarik Kuda


Saat itu pengoperasian omnibus dilakukan dengan menggunakan satu hingga tiga kuda. Kuda-kuda itu menarik gerbong yang menampung banyak penumpang. Kapasitasnya bisa sekitar belasan hingga puluhan orang. Bentuk dari gerbong ini tampak seperti gerbong kereta, bahkan ada yang bertingkat.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1390 seconds (10.177#12.26)