7 Jalan Tol Terpanjang di Indonesia, Terakhir Raih Rekor MURI

Sabtu, 01 Oktober 2022 - 13:34 WIB
loading...
7 Jalan Tol Terpanjang di Indonesia, Terakhir Raih Rekor MURI
Tercatat beberapa jalan tol terpanjang di Indonesia yang bisa diketahui. Foto DOK BPJT
A A A
JAKARTA - Tercatat beberapa jalan tol terpanjang di Indonesia yang bisa diketahui. Jalan tol merupakan infrastruktur yang tengah giat dikembangkan di Indonesia guna meningkatkan mobilitas.

Melansir dari bpjt.pu.go.id, gencarnya pembangunan jalan tol ini bertujuan untuk memperlancar lalu lintas, meningkatkan pelayanan distribusi barang dan jasa, serta meningkatkan pemerataan.

Baca juga : Cara Paling Aman Mengganti Ban di Jalan Tol

Dari data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, terdapat 67 jalan tol yang beroperasi di Jabodetabek, Trans Jawa, Non Trans Jawa, Trans Sumatera, Sulawesi, Bali, dan Kalimantan.

Beberapa di antaranya jalan tersebut bahkan ada yang mencapai panjang ratusan kilometer hingga tercatat dalam MURI (Museum Rekor Indonesia) sebagai jalan tol terpanjang di Indonesia.

Berikut tujuh jalan tol terpanjang di Indonesia :

1. Jalan Tol Ngawi - Kertosono

Panjang jalan tol ini mencapai 87,05 km yang dibangun oleh PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri. Pembuatannya sendiri menghabiskan dana Rp 3,83 triliun. Kemudian pada 29 Maret 2018 tol ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

2. Jalan Tol Solo - Ngawi

Bagian dari Tol Trans Jawa ini memiliki panjang 90,12 km. Jalan ini menghubungkan Provinsi Jawa Tengah dengan Jawa Timur dengan melintasi Kabupaten, Boyolali, Karanganyar, Sragen dan Ngawi.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2016 seconds (11.97#12.26)