Lebih Tiga Dekade Berkiprah, FIF Tak Sekadar Membiayai Kendaraan

Sabtu, 15 Oktober 2022 - 20:36 WIB
loading...
Lebih Tiga Dekade Berkiprah, FIF Tak Sekadar Membiayai Kendaraan
FIF Group telah berkontribusi di bisnis pembiayaan selama tiga dekade. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Ekosistem pembiayaan multifinance terus berkembang mengikuti tren perkembangan zaman dan teknologi. Termasuk dalam hal pembiayaan yang diberikan kepada masyarakat. Jika dulu masyarakat harus mengakses lembaga pembiayaan dengan cara konvensional yakni melalui kantor cabang, kini masyarakat bisa mengakses darimana saja dengan mudah.

Inovasi yang dihadirkan lembaga multifinance itu sangat membantu masyarakat untuk mengakses keuangan. Hal itulah yang dialami Ahmad Rohadi (49) pengemudi ojek online yang sudah beberapa kali menjadi nasabah PT Federal International Finance Group (FIF Group). Pemilik Honda Vario bernopol B 5709 TCW itu mengaku sangat terbantu dengan kehadiran platform digital yang dibesut FIF Group yakni FIF Group Mobile Costumer (FMC). “Saya bisa melihat vtanggal jatuh tempo cicilan, termasuk jika terlambat berapa dendanya,”ujarnya saat ditemui di Jalan Jatayu Kebayoran Lama Jakarta Selatan, kemarin.

Pria yang mengaku bermukim di Duren Sawit Jakarta Timur itu mengungkapkan, dengan kehadiran platform digital FIF Group dirinya tak perlu khawatir terlambat membayar cicilan motor Honda Vario yang dimilikinya. “Pekerjaan saya setiap hari di jalan, jadi bisa pantau kapan saja. Pembayaram cicilan bisa dilakukan melalui AstraPay, sehingga tinggal transfer melalui handphone saja tak perlu repot ke mesin ATM,”sebutnya.



Bagi Rohadi, begitu dia minta disapa, era digital banyak memberikan kemudahan kepada dirinya. Dia lebih bisa berfokus untuk bekerja, waktu pun tak lagi terbuang percuma hanya untuk menunggu antrean di mesian ATM. “Yang paling penting jika kita terlambat bayar cicilan ada notifikasi. Enggak ada cara menagih yang kasar, mencicil di FIF nyaman kita gak perlu deg-deg an didatangi debt collector,”ungkapnya.

Selain membiaya kendaraan roda dua, FIF Group juga terus melakukan inovasi dan melebarkan sayapnya ke pembiayaan lainnya. Salah satunya melalui Spektra yang melayani pembiayaan elektronik seperti laptop, handphone, AC, TV, kulkas dan lainnya. Juga perabot rumah tangga seperti furnitur, lemari, spring bed dan perangkat lainnya. Layanan pembiayaan dari Spektra dapat ditemukan di sebagian besar toko elektronik, gadget, dan furniturdengan syarat mudah. “Saya pernah menggunakan fasilitas Spektra untuk membeli TV 40 inci, prosesnya mudah tidak rumit,”kata Ryan Firdaus (29). Pria yang bekerja sebagai sipir di Lapas Cipinang itu mengatakan, kemudahan tak hanya saat proses pengajuan, tetapi juga saat pembayaran cicilan. “Bisa ditransfer dengan pembayaran digital. Bunga pinjamannya juga tak besar,”kata pria yang bermukim di Jl Darma Putra X Kebayoran Lama Jakarta Selatan itu.

FIF Group juga memiliki produk Danastra untuk pembiayaan multiguna seperti modal kerja, modal nikah, pembiayaan pendidikan, pembiayaan kesehatan, pembiayaan renovasi, liburan dan berbagai macam kebutuhan lainnya untuk pendukung kehidupan dengan syarat mudah.

Tak berhenti disitu, FIF Group juga menghadirkan Amitra yang merupakan Platform Syariah yang dikelola FIF Group untuk pembiayaan syariah yang sesuai dengan dengan syariah Islam dan fatwa Dewan Syariah Nasional MUI. Amitra melayani pembiayaan perjalanan religi seperti Umroh Reguler dan Umroh Plus. Serta pembiayaan sepeda motor baru Honda dan sepeda motor bekas berkualitas secara Syariah

Sebagai bagian dari Astra Financial, FIF Group terus melakukan transformasi digital sesuai dengan perkembangan kemajuan teknologi digital yang makin masif. Transformasi yang dilakukan tersebut tak sekadar memberikan kemudahan bagi masyarakat, namun juga sesuai dengan harapan Otoritas jasa Keuangan (OJK) agar industri ultifinance masuk ke level bisnis yang hanya bisa diraih lewat pendekatan teknologi atau transformasi digital.

Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Dana Pensiun, Lembaga Pembiayaan, dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya yang juga Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Ogi Prastomiyono saat ditemui di pameran GIIAS 2022 belum lama ini mangatakan, pertumbuhan multifinance sangat baik di tengah kondisi ekonomi nasional masih dalam masa pemulihan. OJK, lanjut dia, mendorong segmen multifinance lebih sehat, kuat dan sustainable.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2052 seconds (0.1#10.140)