Desember, Pabrikan Mobil Listrik Vietnam VinFast Resmi Kirim Ekspor Pertama ke AS

Rabu, 30 November 2022 - 06:00 WIB
loading...
Desember, Pabrikan Mobil Listrik Vietnam VinFast Resmi Kirim Ekspor Pertama ke AS
VinFast, pabrikan mobil listrik Vietnam, secara resmi mengirim ekspor pertama ke pasar Amerika Serikat bulan Desember 2022. Foto/The Drive
A A A
HANOI - VinFast, pabrikan mobil listrik Vietnam , secara resmi mengirim ekspor pertama ke pasar Amerika Serikat bulan Desember 2022. VinFast telah mengirimkan 999 SUV listrik VF 8 ke Amerika Serikat dan saat ini sedang dalam perjalanan.

VinFast awalnya menargetkan pengiriman 5.000 mobil dalam ekspor perdananya. Akibat penundaan produksi memaksa VinFast untuk mengurangi jumlah tersebut.

VinFast punya alasan tersendiri yang unik memberi nama SUV listrik VF 8 dengan 999 (triple 9). Sebab, angka 999 dianggap sebagai ke beruntungan oleh masyarakat Vietnam. “Tidak ada angka yang lebih beruntung dari 999,” kata CEO VinFast Le Thi Thu Thuy dilansir dari laman The Drive, Rabu (30/11/2022).



Menurut Thuy, sudah ada pengiriman kedua ke AS yang direncanakan untuk Januari, meski tidak jelas berapa banyak yang akan dikirim. Pengiriman pertama ini menandai langkah awal VinFast untuk menjajaki pasar AS.

VinFast berencana membangun pabrik di North Carolina, yang diklaim akan segera membuat kendaraannya memenuhi syarat untuk insentif pajak federal. Ini Sesuai dengan Undang-Undang Pengurangan Inflasi yang ditetapkan Presiden AS Joe Biden.

Namun, sebagai bagian dari IRA, pembuat mobil perlu mendapatkan setidaknya 50 persen mineral baterai dari Amerika Utara atau sekutu AS. Sesuatu yang bahkan sulit dilakukan pembuat mobil AS.

Jadi tidak jelas bagaimana VinFast akan memenuhi persyaratan tersebut, tetapi Thuy mengklaim mobilnya segera melakukannya setelah dibuat di AS.



VinFast VF 8 adalah SUV listrik lima kursi ukuran sedang yang, di pasar AS, hanya akan hadir dalam konfigurasi penggerak semua roda dua motor. Namun, akan ada dua pilihan tenaga, yaitu mobil entry-level dengan 348 tenaga kuda dan torsi 368 pound-feet atau upgrade 402 tenaga kuda dan 457 pound-feet.

Akan ada dua opsi baterai, rentang standar (82 kWh) dan rentang yang diperpanjang (87,7 kWh). Keduanya akan tersedia dengan salah satu powertrain.

Dalam versi yang kurang bertenaga, baterai standar akan memberikan jangkauan 260 mil (418,4 Km). Sedangkan baterai yang diperpanjang akan mencapai 292 mil atau sekitar 469,9 Km.
Desember, Pabrikan Mobil Listrik Vietnam VinFast Resmi Kirim Ekspor Pertama ke AS


VinFast menjadi berita utama baru-baru ini dengan layanan langganan baterainya. Pada dasarnya, harga awal VF 8 adalah USD42.200 (Rp663,7 juta). Untuk VF 8, langganan baterai diperkirakan sekitar USD169 per bulan.



Akan menarik untuk melihat bagaimana tanggapan pelanggan AS terhadap VinFast. Sejauh ini, pasar AS cukup menyambut baik startup mobil listrik, dengan merek-merek seperti Tesla, Lucid, dan Rivian semuanya berjalan relatif baik.

Namun, VinFast pada dasarnya tidak diketahui oleh sebagian besar pelanggan Amerika. Jadi perlu ditunggu respons pasar AS, terutama jika VinFast mulai memproduksi di North Carolina.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1858 seconds (0.1#10.140)