Mobil BMW Bertenaga Hidrogen Mulai Masuk Jalur Produksi

Kamis, 08 Desember 2022 - 10:10 WIB
loading...
Mobil BMW Bertenaga Hidrogen Mulai Masuk Jalur Produksi
Dalam pengumumnnya, dikatakan bahwa mobil konsep bertenaga hidrogen BMW iX5 yang diperkenalkan tahun lalu saat ini sudah mulai diproduksi dalam jumlah terbatas. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - BMW resmi memulai produksi kendaraan bertenaga hidrogen di saat banyak produsen otomotif merek lain berlomba-lomba memproduksi kendaraan listrik.

Hal tersebut diungkap langsung oleh Chairman BMW, Oliver Zipse dan Anggota Dewan Pengembangan BMW Frank Weber baru-baru ini.



Dalam pengumumnnya, dikatakan bahwa mobil konsep bertenaga hidrogen BMW iX5 yang diperkenalkan tahun lalu saat ini sudah mulai diproduksi dalam jumlah terbatas. Produksi dilakukan di kantor pusat BMW, di Munich, Jerman.

Untuk diketahui, BMW iX5 Hydrogen sendiri ditenagai oleh sepasang motor listrik dengan output gabungan 369bhp. Motor eDrive generasi kelima perusahaan ini juga merupakan motor yang sama ditampilkan pada mobil listrik i7 dan iX.

Namun, alih-alih menarik energi listrik yang tersimpan dari paket baterai seperti mobil listrik konvensional, iX5 menghasilkan listriknya melalui reaksi kimia antara hidrogen yang tersimpan dan oksigen dari udara melalui sel bahan bakar yang mampu menghasilkan 125kW.

Sel bahan bakar, yang dikembangkan dalam kemitraan dengan Toyota, disuplai oleh dua tangki penyimpanan 700 bar yang menempati ruang yang digunakan oleh girboks dan poros penggerak di X5 bermesin pembakaran.

Kedua tangki secara bersamaan dapat menampung enam kilogram hidrogen. Dan setelah produksi siap, mereka akan mengunjungi beberapa daerah pada musim semi mendatang untuk mempublikasikan solusi powertrain nol emisi.

Seperti dilansir dari Gizmochina, Rabu (7/12/2022), kendaraan bertenaga hidrogen memiliki beberapa keunggulan dibanding kendaraan lainnya. Salah satunya adalah mobil tidak akan kehilangan performa dalam suhu dingin dan panas serta menawarkan jangkauan yang lebih jauh.

Anggota dewan produksi BMW, mengatakan, jika masalah infrastruktur saat ini diperbaiki, mereka dapat memperkenalkan teknologi sel bahan bakar hidrogen pada kendaraan lain dalam jajarannya, seperti iX3, iX dan i4.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2042 seconds (0.1#10.140)