Markas Fiat Chrysler pindah ke London

Jum'at, 09 Mei 2014 - 17:35 WIB
Markas Fiat Chrysler pindah ke London
Markas Fiat Chrysler pindah ke London
A A A
Sindonews.com - Markas besar Fiat Chrysler Automobile (FCA) akan pindah ke London. Pemindahan ini sensitif secara politis, lantaran Fiat sudah bercokol di Italia sejak 115 tahun terakhir. Saat ini markas Fiat berada di Turin, Italia, sementara Chrysler menempati lahan di Auburn Hills, luar kota Detroit.

"Markas akan berada di London. Sudah jelas bahwa fungsi eksekutif, kantor saya dan beberapa fungsi lainnya harus beroperasi dari London. Tapi itu tidak berarti bahwa saya menyerahkan tanggung jawab operasional seluruhnya ke AS. Kami akan melakukannya di mana-mana," ujar CEO Fiat Chrysler Automobile, Sergio Marchionne yang dilansir dari Autonews, Jumat (9/5/2014).

Pada bulan Januari, Fiat menandatangani kontrak senilai USD4.35 miliar untuk mengambil kontrol penuh dari Chrysler. Menciptakan kelompok otomotif terbesar ketujuh di dunia. FCA pernah berujar akan bermarkas di New York, dengan kantor sekunder di Milan. Sementara holding akan terdaftar di Belanda dan domisili pajak di Inggris.

Serikat pekerja dan politisi Italia khawatir perpindahan kantor pusat akan membuka potensi PHK. Meski Marchionne berulang kali mengatakan merger akan tidak berdampak pada pekerjaan di Italia atau di tempat lain.

Namun langkah Marchione didukung oleh John Wolkonowicz, seorang analis mobil independen, yang berujar bahwa London merupakan pusat keuangan terbesar dan berlokasi dtengah-tengah operasi Fiat dan Chrysler.

"Jika Anda meletakkannya di Detroit , Anda membuat orang Fiat merasa buruk dan jika itu di Turin , Anda membuat orang Chrysler merasa buruk," katanya. "Dengan cara memindahkan ke London hal tersebut menjadi netral," tambahnya.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9007 seconds (0.1#10.140)