Bukan Cuma Seal Bocor, Ini Penyebab Oli Mobil Cepat Habis yang Perlu Diwaspadai

Kamis, 16 Maret 2023 - 13:00 WIB

2. Kerusakan Pada Ring Piston



Oli mesin mobil yang cepat sekali berkurang juga bisa disebabkan adanya kerusakan pada ring piston atau seher. Kerusakan ini bisa dilihat dari asap knalpot yang berwarna putih, yang kadang terjadi saat mesin mobil dinyalakan.

Keluarnya asap putih pada knalpot terjadi karena oli yang ikut terbakar pada saat terjadi proses pembakaran pada mesin mobil. Oli mesin yang terbakar tersebut akan masuk ke dalam piston, dan akhirnya akan keluar dalam bentuk asap berwarna putih pada knalpot mobil.

Warna asap putih yang keluar dari knalpot mobil bisa digunakan untuk mengetahui tingkat keparahan kerusakan yang terjadi. Semakin pekat asap putih yang keluar, maka menjadi tanda, bahwa tingkat kerusakan sudah semakin parah.

3. Kualitas Oli Kurang Bagus



Kualitas oli mesin mobil yang kurang bagus, juga menjadi penyebab oli mesin mobil cepat berkurang.

Seperti diketahui, oli berfungsi sebagai pelumas untuk menahan gesekan antar bagian pada mesin mobil. Kualitas oli mesin ini juga bermacam-macam, ada yang bagus dan ada yang tidak.

Oli dengan kualitas bagus, tidak akan cepat panas ketika digunakan. Dengan demikian, mesin mobil juga tidak akan cepat panas, serta oli juga akan awet dan tidak akan lekas habis atau berkurang.

Sebaliknya, oli dengan kualitas kurang bagus, akan cepat sekali menjadi panas, dan akhirnya akan cepat berkurang.

Kualitas oli yang kurang bagus akan rawan menyebabkan mesin mobil mengalami kerusakan, apabila mobil sering digunakan untuk melakukan perjalanan jauh.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More