Cruise Robotaxi, Layanan Taksi Tanpa Sopir yang Bikin Heboh

Senin, 29 Mei 2023 - 16:25 WIB
Sebuah video menghebohkan media sosial, merekam seorang warga Indonesia naik taksi tanpa sopir. Terlihat dalam video tersebut setir bisa berputar sendiri. Foto/Endgadget
SAN FRANSISCO - Sebuah video menghebohkan media sosial, merekam seorang warga Indonesia naik taksi tanpa sopir. Terlihat dalam video tersebut setir bisa berputar sendiri tanpa ada orang yang mengendalikan di belakang kemudi.

Taksi tanpa awak itu, dikutip dari laman Endgadget, Senin (29/5/2023), dikembangkan oleh Cruise dan sudah resmi beroperasi di San Francisco, California, Amerika Serikat (AS). Bahkan, beroperasi tanpa henti, 24 jam sehari selama sepekan.

Cruise menggunakan mobil listrik Chevrolet Bolt EV untuk menjalankan bisnis robotaxi. Berbagai peralatan pendukung dipasang agar mobil berfungsi sesuai rambu, marka jalan, dan juga mengantar penumpang dengan tepat ke lokasi tujuan.



Saat masa percobaan, Cruise mendapatkan izin untuk mengoperasikan layanan taksi tanpa awak untuk mengangkut penumpang berbayar. Mobil melaju dengan kecepatan maksimal 48,2 km/jam di jalan-jalan tertentu di San Francisco, mulai pukul 22.00 sampai 06.00 WIB.



Setelah terbukti aman, taksi full otonom tersebut dapat dinikmati dengan melakukan pemesanan melalui aplikasi. Bahkan, layanan ini jauh lebih aman dibandingkan taksi dengan sopir sungguhan.

“Mengoperasikan robotaxis di SF (San Francisco) telah menjadi ujian lakmus untuk kelangsungan bisnis. Jika bisa berhasil di sini, tidak diragukan lagi bisa berhasil di mana saja,” kata Co-Founder dan CEO Cruise Kyle Vogt.

Tidak ada batas waktu untuk penerapan yang lebih luas di tempat lain, tetapi Vogt berjanji bahwa operasi akan segera berkembang di kota-kota lain. Keberhasilan penggunaan di San Francisco adalah bukti bahwa robotaxi bisa berhasil di kota lain.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More