China Bikin Baterai EV Ultra-Fast Charging, Ngecas 80 Persen dalam 10 menit!

Sabtu, 12 Oktober 2024 - 09:15 WIB
Selain menawarkan jangkauan jauh, baterai yang disebut Shenxing PLUS ini juga mengisi daya dengan cepat, kata CATL. Baterai ini dapat memberikan jangkauan 600 km hanya dalam 10 menit pengisian daya, "jauh melampaui baterai biasa yang tersedia di pasaran dan mewujudkan kecepatan pengisian daya super cepat satu kilometer per detik," menurut perusahaan Tiongkok tersebut.

Produsen baterai Tiongkok lainnya, Gotion High-tech, pada bulan Mei meluncurkan baterai G-Current pengisian daya ultra cepat yang siap untuk produksi massal segera.

Perusahaan mengatakan bahwa baterai tersebut memungkinkan pengisian daya 80% dengan 9,8 menit pengisian daya dan pengisian ulang energi 90% dengan 15 menit pengisian daya.

Gotion High-tech mengklaim bahwa "solusi ini dapat diterapkan pada seluruh jajaran aplikasi baterai, BEV atau kendaraan hibrida, yang mencakup sistem kimia LFP, LMFP, dan NCM."

Fokus Tiongkok pada LFP memberikan keunggulan dibandingkan pesaing Korea Selatan seperti LG Energy Solution, Samsung SDI, dan SK Innovation.

Tidak seperti katoda berbasis nikel, katoda LFP tidak mengandung logam mahal, seperti kobalt dan nikel, yang menjadikannya pilihan menarik bagi produsen yang ingin mengurangi biaya.

LG Chem dari Korea Selatan, perusahaan induk LG Energy Solution, mungkin memiliki jawaban untuk mencegah baterai dari panas berlebih.



LG Chem mengumumkan minggu lalu bahwa mereka telah mengembangkan bahan yang responsif terhadap suhu untuk menekan pelarian termal. Bahan tersebut, setipis 1/100 diameter rambut manusia, ditempatkan di dalam sel baterai dan bertindak sebagai "sekering" untuk memblokir jalur reaksi pada tahap awal panas berlebih. Terobosan penelitian ini dapat diterapkan pada produksi massal "dalam waktu singkat," kata CTO Lee Jong-gu.

"Kami akan meningkatkan teknologi keselamatan sehingga pelanggan dapat menggunakan kendaraan listrik dengan percaya diri, dan selanjutnya memperkuat daya saing kami di pasar baterai," tambah eksekutiftersebut.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More