5 Penyebab Ban Cepat Botak, Nomor 3 Sering Dilakukan Kalau Terburu-buru

Sabtu, 01 Januari 2022 - 16:03 WIB
3. Parkir Pakai Standar Samping

Tanpa disadari, jika sedang terbauru-buru Anda sering memarkir sepeda motor denga standar samping. Memang ini terlihat sepele namun ini juga bisa membuat ban motor Anda cepat botak.



Karena parkir sepeda motor menggunakan standar samping akan membuat beban motor terpusat di satu sisi. Kondisi ini akan membuat kualitas ban motor menurun di satu sisi saja.

Tak hanya ban motor, shockbreaker juga akan lebih condong dan menekan sisi ban sebelah kiri sehingga ban jadi lebih cepay botak.

4. Tekanan Ban Kurang

Sering berkendara dengan tekanan angin kurang juga bisa menyebabkan ban cepat botak . Ini karena luas permukaan ban yang bergesekan dengan aspal jalanan juga semakin besar.

Temperatur ban juga tinggi sehingga tapak ban akan lebih mudah aus. Makanya harus rajin-rajin mengecek tekanan ban dan sesuaikan dengan yang dianjurkan pabrikan.

5. Ban Jarang Dibersihkan

Banyak pemilik sepeda motor yang menyepelekan kebersihan ban karena menganggap nanti juga akan kotor lagi. Padahal, kebersihan pada roda sepeda motor juga bisa menyebabkan ban cepat botak.



Ban motor yang setiap hari menjejak aspal sudah barang tentu akan cepat botak. Namun jika Anda rajin membersihkan ban selesai digunakan bisa memperpanjang usia pemakaian.

Manfaat lain ban sering dibersihkan adalah Anda jadi mengetahui kondisi ban ada yang retak atau tidak. Karena ban retak yang dipaksakan terus digunakan bisa berbahaya buat pengendara.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More