New York Rekrut Robot Anjing Hyundai Jadi Petugas Pemadam Kebakaran

Senin, 28 Maret 2022 - 09:11 WIB
Menurut New York Times, Hyundai dan Boston Dynamics menandatangani kontrak dengan Departemen Pemadam Kebakaran New York untuk dua anjing robot canggih seharga USD75.000 per pop. Anjing robotik ini memiliki kamera termal 360 derajat dan dapat membuka dan menutup pintu, serta menskalakan medan yang berat.

NYPD menghadapi reaksi keras setelah mencoba menggunakan robot karena persepsi negatif akibat tayangan TV dan film. Menggunakan robot ini untuk menyelamatkan orang-orang yang terjebak api dapat membantu mengubah persepsi publik tentang robot.



"TV dan film sering menampilkan robot yang dipersenjatai dan kemudian orang berpikir begitulah semua robot sehingga menolak keberadaan robot-robot ini," kata Kapten Michael Leo dari unit robotika Pemadam Kebakaran.



Keberadaan robot anjing ini diharapkan bisa mencegah korban jiwa dalam kebakaran besar di Amerika Serikat. Karena anjing robot ini disetting bisa melakukan tugas-tugas sulit untuk pemadaman maupun menyelamatkan manusia.

"Selalu ada kekhawatiran tentang penggunaan robot tapi saya lihat Pemadam Kebakaran dapat menggunakan robot ini untuk menyelamatkan orang," kata Peter Asaro, salah satu pendiri Komite Internasional untuk Kontrol Senjata Robot.
(ysw)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More