Cek 6 Hal Ini Sebelum Berangkat Mudik dengan Kendaraan Pribadi

Jum'at, 29 April 2022 - 05:28 WIB
Risiko kebakaran dapat terjadi di mana saja, bahkan saat berkendara jarak jauh sekalipun, terutama bagi pengendara mobil. Pilihlah APAR yang mampu memadamkan api dengan efisien, serta ampuh mendinginkan suhu tinggi dalam waktu singkat. Selain itu, pilih juga yang terbuat dari kandungan bahan ramah lingkungan, bebas racun, serta memiliki desain kemasan ergonomis dan anti karat.

4. Ban Cadangan

Banyak mobil yang belum mengadopsi ban jenis Run Flat Tire (RTF) atau ban yang tahan digunakan meski sudah bocor. Karena itu, ban cadangan penting untuk dibawa, seberapapun jauh jarak tempuhnya. Pastikan ban cadangan harus senantiasa dalam kondisi prima melalui pengecekan angin secara berkala, rutin melakukan rotasi ban, serta kesiapan atas perkakas dan aksesori penunjang efektivitas saat harus mengganti ban di tengah perjalanan.

5. Asuransi Kendaraan



Akan terjadi banyak simpul kepadatan di jalur-jalur mudik, yang berisiko memicu terjadinya gangguan saat berkendara, mulai pencurian, bersenggolan dengan kendaraan lain, hingga ancaman tindak kejahatan di jalan.

Untuk mengantisipasi kerugian akibat risiko tersebut, pengendara dianjurkan membeli asuransi kendaraan. Manfaatnya antara lain perlindungan terhadap kendaraan, pengemudi dan penumpang, tuntutan dari pihak ketiga, serta jaminan terhadap barang-barang pribadi.



6. Melunasi Pajak Kendaraan Pribadi

Pajak kendaraan saat ini bisa dibayar lewat online. Menurut Eddy, Blibli resmi jadi e-commerce pertama untuk saluran pembayaran pajak kendaraan via aplikasi Samsat Digital Nasional (Signal) Korlantas Polri.

”Pengguna cukup mencari Samsat Digital Nasional pada widget tagihan dan isi ulang situs atau aplikasi Blibli, lalu memasukkan kode pembayaran yang didapatkan dari aplikasi Signal. Selanjutnya cek tagihan dan pilih menu Lanjut Bayar,” bebernya.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More