Inilah Cara Mengecek Busi Mobil Mati atau Hidup, Mudah Banget

Jum'at, 10 Juni 2022 - 17:41 WIB
- Jika busi tersebut terindikasi mati, cobalah untuk membersihkan atau bahkan menggantinya. Lebih baiknya mengganti busi dan memasang busi yang normal (tidak harus baru).

- Jika busi sudah diganti namun hasilnya tetap sama yaitu mesin tak mau menyala, sebaiknya ganti kabel busi. Namun, jika busi masih terindikasi mati setelah ganti kabel, maka dapat dipastikan kalau kabel busi bermasalah atau putus. Mau tidak mau Anda wajib menggantinya guna menyelesaikan masalah busi mati tersebut.

Setelah memahami cara mengecek busi mobil mati atau hidup, kenali ciri ciri busi yang sudah memasuki masa usangnya :

Baca juga : Alasan Mengapa Busi Mobil Harus Diganti Secara Berkala

- Berwarna usang atau coklat

Warna kemerah merahan atau kekuning kuningan. Ini berarti ada hawa panas pada mesin secara berlebihan. Biasanya, masalah ini timbul karena pendingin mesin bermasalah juga.

- Terjadi kerak atau gosong

Bila terjadi hal seperti itu mengindikasikan adanya kesalahan yang terjadi pada bagian pengaturan bahan bakar. Maka dari itu, diperlukan pengecekan peranti kelistrikan dan aliran bensin.

- Busi meleleh

Busi yang meleleh menggambarkan kondisi elektroda yang meleleh atau gosong sebagai akibat dari kebocoran mesin atau masalah kompresi yang mana sebagian oli turut terbakar pula pada mesin.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More