Terjang Banjir Tanpa Takut Water Hammer, Begini Caranya!

Sabtu, 08 Oktober 2022 - 19:38 WIB
3. Waspadai Saringan Udara

Agus mengatakan, pengemudi juga harus mewaspadai jangan sampai air masuk ke saringan udara. ”Pastikan jika mobil sudah terlanjur terendam banjir, semuanya kering terlebih dahulu agar tidak korslet,” ujarnya.

4. Hati-hati Genangan Air



Menurut Agus, bukan hanya menerjang banjir yang berbahaya bagi mobil. Genangan air yang tidak terlalu tinggi juga bisa menyebabkan risiko besar bagi pengendara. Ini biasa disebut aqua planing.

Aqua planing merupakan kondisi di mana saat mobil melaju kencang dan terdapat genangan air yang membuat ban tidak menapak pada aspal. Dampaknya, mobil bisa tergelincir dalam kecepatan tinggi.

“Mobil melintir sesuai dengan kecepatannya. Jika melaju cepat dan ada genangan sangat besar kemungkinan untuk terkena aqua planing. Jadi kita harus menjaga kecepatan dan konsentrasi saat berkendara,” ucap Agus.



5. Cek Kondisi Ban dan Rem

Ban dan rem juga harus diperiksa di menyambut musim hujan seperti sekarang agar tidak terjadi hal yang diinginkan. Kendati begitu, Agus tidak mengharuskan penggunaan ban spesifik karena produsen ban sudah menciptakan ban untuk dua kondisi.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More