3 Tips Berkendara Motor di Jalanan Licin, Jangan Sampai Diabaikan

Rabu, 01 Februari 2023 - 08:26 WIB
loading...
3 Tips Berkendara Motor di Jalanan Licin, Jangan Sampai Diabaikan
Tips mengendarai sepeda motor di jalanan licin sangat penting bagi pengendara yang sehari-hari beraktivitas menggunakan kendaraan roda dua. Foto/Muhamad Fadli Ramadan
A A A
JAKARTA - Tips mengendarai sepeda motor di jalanan licin sangat penting bagi pengendara yang sehari-hari beraktivitas menggunakan kendaraan roda dua. Ini dapat meningkatkan kewaspadaan saat berkendara menemukan kondisi jalan yang licin.

Mengendarai sepeda motor membutuhkan konsentrasi tinggi, tertama saat musim hujan. Kondisi jalan raya yang sering terkena air hingga lumpur meningkatkan resiko ban motor tergelincir.

Saat berkendara roda dua dengan kondisi licin memang perlu teknik berkendara yang tepat dan juga persiapan yang lebih. Untuk itu, Yamaha Riding Academy (YRA) Yogyakarta memberikan tips berkendara motor melewati jalanan licin.

1. Cek kondisi motor sebelum melakukan perjalanan
3 Tips Berkendara Motor di Jalanan Licin, Jangan Sampai Diabaikan


Melakukan pengecekan motor sebelum berkendara sangat penting, terutama kondisi ban dan juga pengereman. Pastikan ban dalam kondisi prima, alur ban tidak gundul, tekanan angin juga sesuai dengan rekomendasi pabrik.



Tekanan angin yang paling sering diabaikan pengendara, dan tanpa sadar berkendara dengan ban kempis atau tekanan angin terlalu tinggi. Sebaiknya ikuti rekomendasi yang ada di buku petunjuk, atau servis motor secara berkala di bengkel resmi.

2. Teknik berkendara yang tepat
3 Tips Berkendara Motor di Jalanan Licin, Jangan Sampai Diabaikan


Mengendarai sepeda motor, khususnya di jalan yang licin, sebaiknya posisi tubuh rileks, terutama di tangan dan bahu pengendara. Posisikan kaki rapat mendekap tangki motor apabila menggunakan motor sport, jika menggunakan motor matik atau bebek posisikan kaki rapat di dalam dek motor.



Pastikan juga siku tangan sedikit ditekuk sehingga tangan bisa bebas bergerak mengendalikan stang motor. Selain itu, pergunakan rem depan dan belakang secara halus, hindari penggunaan rem secara mendadak dan keras.

3. Rutin pantau perakiraan cuaca
Pada musim hujan, penting untuk selalu memantau perakiraan cuaca. Apabila keadaan terlalu berbahaya, hindari jalanan yang kondisinya licin. Informasi juga bisa didapatkan melalui kanal berita online atau sosial media. Ini dilakukan sebagai langkah antisipasi awal untuk menghindari risiko saat berkendara di jalan licin.



Itu tips berkendara di jalan licin yang diharapkan dapat membantu dalam menghadapi atau mengurangi resiko berkendara di kondisi jalanan yang licin. Pengendara motor juga disarankan lebih waspada ketika terpaksa melewati jalan licin.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2683 seconds (0.1#10.140)