6 Fakta Pabrikan Mobil Listrik Hozon Auto China, Ternyata Punya Kantor di Silicon Valley

Rabu, 15 Februari 2023 - 14:14 WIB
loading...
6 Fakta Pabrikan Mobil Listrik Hozon Auto China, Ternyata Punya Kantor di Silicon Valley
Hozon Auto menjadi salah satu pabrikan mobil listrik China yang mengalami pertumbuhan tinggi dan aktif ekspansi ke negara lain. Foto: Getty Images
A A A
JAKARTA - Hozon Auto China belakangan ramai dibicarakan di Indonesia. Belakangan, diduga pabrikan asal China tersebut menjalin kerja sama dengan perusahaan mobil lokal Esemka untuk melakukan rebadge atau perubahan nama salah satu produknya. Produk mobil listrik rebadge tersebut mungkin akan dipamerkan di pameran otomotif Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2023 pada 16 Februari-23 Februari 2023 mendatang.

Maka, banyak yang penasaran dengan perusahaan otomotif yang berbasis di Zhejiang, China tersebut.

Seperti apa sebenarnya Hozon Auto China? Berikut adalah fakta-faktanya:

1. Awal berdiri pada 2014
Hozon Auto China merupakan pabrikan otomotif yang usianya sangat muda. Sebab, baru berdiri pada 2014 silam. Hozon Auto dibentuk bersama oleh Beijing Sinohytec dan Zhejiang Yangtze Delta Region Institute of Tsinghua University dengan modal awal RMB 630 juta (Rp 1,5 triliun).

Kantor pusat Hozon Auto China berbasis di Kota Jiaxing di Provinsi Zhejiang. Mobil konsep pertamanya diumumkan pada 2017, sementara produksi kendaraannya dimulai pada 2019 dengan kapasitas tahunan awal 50.000 unit mobil.

2. R&D dilakukan di beberapa negara
Awal tahun ini, Hozon Auto China menetapkan strategi penelitian dan pengembangan (R&D) global yang berfokus pada pembangunan pusat Litbang (R&D) di seluruh dunia. Tepatnya di lima kota di empat negara.

Ini termasuk Pusat Penelitian Kendaraan Otonom di Silicon Valley, Pusat Desain Torino Italia, Pusat Rekayasa dan Teknologi Jerman, serta Shanghai dan Jiaxing Pusat Litbang. Lokasi Italia dan Jerman masih dalam pembangunan.

3. Berfokus pada teknologi mengemudi otonom dan AI
Pusat Penelitian Kendaraan Otonom Hozon Auto di Silicon Valley adalah bagian penting dari upaya R&D strategis global Hozon Auto. Pusat R&D tersebut akan fokus pada penelitian kendaraan otonom dan kecerdasan buatan.

Selain itu, apa yang dilakukan Hozon adalah memimpin pengembangan dan aplikasi industri teknologi mengemudi otonom di seluruh dunia melalui platform sistem arsitektur sumber terbuka dan teknologi pembelajaran mendalam.

4. Ingin saingi Tesla
6 Fakta Pabrikan Mobil Listrik Hozon Auto China, Ternyata Punya Kantor di Silicon Valley

Dengan keahlian dan fondasi kuat dari perusahaan mobil tradisional yang dikombinasikan dengan perangkat lunak dan AI, Hozon Auto optimistis dapat menjadi pemain utama di industri mobil otonom.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1833 seconds (0.1#10.140)