Keren, 12 Mahasiswa UI Ciptakan Kapal Hemat Energi

Sabtu, 18 Juli 2020 - 10:09 WIB
loading...
A A A
“penggunaan sistem LoRa (Long Range) yaitu penggunaan teknologi nirkabel berdaya dan berbiaya rendah yang memungkinkan dilakukannya transfer informasi dalam jarak puluhan kilometer, serta pemanfaatan sistem monitoring daya untuk pengambilan keputusan real-time,” kata Teknik Perkapalan FTUI 2017.

Desain kapal Tim Hydros UI memperhatikan 2 faktor utama yaitu performa dan fungsionalitas. Kokpit kapal memiliki bentuk yang aerodinamis dengan tetap dapat mengakomodasi semua kebutuhan sistem kapal. Lambung kapal katamaran juga memiliki stabilitas yang lebih bagus dengan luas bidang basah yang relatif lebih kecil.

Zuhdi menuturkan dalam pengembangan kapal terbaru, tim harus melakukan beberapa kali uji coba sistem maupun badan kapal. Proses uji dilakukan untuk mengetahui sejauh mana tingkat kesalahan yang terdapat pada kapal.

“Untuk penggunaan kapalnya sendiri ini kami menggunakan full carbon fiber. Efeknya ada lebih ramah lingkungan serta beratnya sangat ringan,” tambahnya. (Baca juga: Seleksi CPNS 2019 Segera Dilanjutkan, Ini Intruksi Tjahjo Kumolo)

Tim Hydros UI telah menghabiskan biaya 300 juta untuk menciptakan prototipe kapal hemat energi. Selain menggocek saku pribadi, tim ini juga mendapat dukungan dari Universitas dan Fakultas. Namun, kebutuhan yang lebih besar menuntut mereka untuk mencari sponsor dari beberapa perusahaan di Indonesia.

“RAB dari hydros tim UI sendiri cukup besar, kami tidak bisa mengandalkan dari dua (universitas dan fakultas) itu saja karena tidak menutup bahkan sampai 50% tidak mencukupi. Jadi kami mencari sponsor seperti perusahaan2 lain di Indonesia,” katanya.

Tim Hydros UI berharap dengan ilmu dan riset yang telah dilakukan dapat digunakan untuk kebutuhan maritim Indonesia. Mereka juga menawarkan kepada perusahaan yang tertarik dengan ide dan riset mereka untuk menjadi pioneer atau investor bagi maritim Indonesia. Mereka sangat siap untuk membantu atau bekerjasama.

“Untuk bermitra ke perusahaan kapal secara resmi belum,” ungkap Zuhdi.

Hasil karya para mahasiswa UI ini berhasil meraih gelar juara pertama “Prix Coup De Coeur” (tim terfavorit) dalam ajang kompetisi Solar & Energy Boat Challenge 2020 Online Edition. Mereka mengusung Kapal Katamaran dengan inovasi menggunakan sumber energi yang ramah lingkungan.

Ajang kompetisi kapal hemat energi tingkat dunia itu digelar secara daring selama 9 hari, sejak 30 Juni hingga 8 Juli 2020. Tim Hydros UI berhadapan dengan 18 tim dari 12 negara dan menjadi satu dari tiga tim yang mewakili benua Asia pada kompetisi bergengsi ini. (Lihat videonya: Pemulung Bawa uang Rp7 Juta Hasil Jual Bansos Covid-19)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1900 seconds (0.1#10.140)