Waspada, Pencuri Kini Bisa Gondol Mobil lewat Lampu Depan

Selasa, 11 April 2023 - 07:00 WIB
loading...
A A A
Saat ini sebagian besar CAN Bus System akan dipasang di wilayah tersembunyi mobil. Hanya saja karena saat ini lampu mobil semakin canggih dan pintar, banyak pabrikan memasang ECU di dekat lampu. Tujuannya agar lampu benar-benar bisa memaksimalkan seluruh fungsi yang ada.



Sayangnya celah itulah yang dimanfaatkan para pencuri. Mereka saat ini tahu untuk mengambil alih mobil hanya tinggal menginfiltrasi ECU yang ada di dekat lampu mobil. Begitu diambil alih maka pencuri bisa mengontrol ECU mobil secara keseluruhan.

Setelah itu pencuri tinggal menggunakan alat khusus untuk membuka dan menyalakan mobil. Dr Ken Tindelll menduga para pencuri menggunakan alat injeksi speaker JBL palsu yang diprogram untuk melakukan instruksi palsu. Lewat speaker itu pencuri bisa mengintstruksikan komputer mobil untuk membuka kunci pintu, seolah-olah mereka memiliki kunci mobil.

Pencuri juga bisa menyalakan mobil dengan cara yang sama. Pencuri itu juga dapat dengan mudah pergi dengan mobil Anda tanpa pernah bersentuhan dengan key fob kendaraan yang sebenarnya.

Autoblog menyebutkan tidak ada pertahanan yang baik terhadap metoda pencurian semacam ini. "Kabar baiknya, seorang pencuri yang mencoba mencuri mobil dengan cara ini perlu bekerja keras untuk melakukannya karena butuh waktu yang cukup lama," sebut Autoblog.
(wsb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4289 seconds (0.1#10.140)