Sedan BMW Seri 5 Generasi Selanjutnya, Mobil Listrik i5 Debut Pada 24 Mei

Rabu, 26 April 2023 - 10:21 WIB
loading...
Sedan BMW Seri 5 Generasi Selanjutnya, Mobil Listrik i5 Debut Pada 24 Mei
BMW telah mengembangkan Seri 5 generasi kedelapan selama beberapa waktu dan mobil listrik i5 siap melakukan debut pada 24 Mei 2023. Foto/BMW/Insideevs
A A A
BERLIN - BMW telah mengembangkan Seri 5 generasi kedelapan selama beberapa waktu dan mobil listrik i5 siap melakukan debut pada 24 Mei 2023. Belum banyak detail BMW i5 yang diungkap, hanya diketahui model next-gen ini dibangun di Dingolfing, Jerman.

BMW pada awalnya akan meluncurkan i5 dalam dua konfigurasi, yaitu basis eDrive40 dan M60 xDrive. Model entry-level akan memiliki motor penggerak tunggal yang dipasang di belakang yang menghasilkan 335 tenaga kuda.

Sementara itu, M60 lebih kuat dengan pengaturan motor ganda menghasilkan 590 hp. BMW tidak mengungkapkan angka torsi varian tersebut. Perusahaan juga memilih untuk tidak mengungkapkan kapasitas baterai atau jangkauannya, tetapi diperkirakan mencapai 295 mil atau 474 km untuk eDrive40.



“Model BMW i5 baru akan hadir dengan teknologi seperti Highway Assistant, yang sekarang benar-benar hands-free,” tulis laman insideevs, Rabu (26/4/2023). Padahal BMW Seri 7 akan mendapatkan fitur ini melalui pembaruan over-the-air setelah Seri 5 mulai dijual musim gugur ini.

Highway Assistant berfungsi seperti Super Cruise General Motors yang memungkinkan i5 mengemudi untuk waktu yang lama di jalan bebas hambatan tanpa mengharuskan pengemudi meletakkan tangan mereka di atas kemudi. Selain itu, Highway Assistant lebih memaafkan sedikit campur tangan pengemudi, seperti jika ingin sedikit membelok untuk menghindari puing-puing di jalan.

Bukan hanya menawarkan kendaraan listrik, BMW akan menawarkan Seri 5 dengan pembakaran internal dan hibrida plug-in. Untuk model M5 yang dikonversi diharapkan untuk debut dengan powertrain hybrid plug-in yang menghasilkan tenaga besar.
Sedan BMW Seri 5 Generasi Selanjutnya, Mobil Listrik i5 Debut Pada 24 Mei


BMW i5 akan menggunakan paket baterai lithium-ion dengan kapasitas yang belum diketahui, dipasang dengan gaya skateboard tradisional di bawah sasis di antara as roda. Kecepatan pengisian cepat DC sekitar 200 kilowatt, sebagai referensi i7 xDrive60 mengisi daya pada 195 kW.



Konfigurasi eDrive40 tidak diragukan lagi akan menjadi varian i5 dengan volume lebih tinggi. Tentu eDrive40 memiliki tenaga yang jauh lebih sedikit daripada M60, tetapi penggerak roda belakang i5 lebih ringan dan lebih lincah.

Namun, ini masih sangat cepat saat berakselerasi berkat semua torsi elektrik itu, dan kemudinya responsif dan penuh umpan balik. Ditambah fitur rem juga memiliki cengkraman yang kuat.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1342 seconds (0.1#10.140)