62% Persen Mobil Listrik di Indonesia Harganya Tembus Miliaran Rupiah, Ini Daftarnya!

Rabu, 21 Juni 2023 - 07:43 WIB
loading...
62% Persen Mobil Listrik di Indonesia Harganya Tembus Miliaran Rupiah, Ini Daftarnya!
Lexus RZ jadi mobil listrik terbaru yang masuk resmi di Indonesia. Harganya mencapai Rp2,287 miliar. Foto/Netcarshow
A A A
JAKARTA - Berbagai jenis mobil listrik terus berdatangan masuk ke Indonesia. Sebanyak 62% mobil listrik itu harganya fantastis karena tembus miliaran rupiah.

Terbaru mobil listrik yang datang ke Tanah Air adalah Lexus RZ. Mobil listrik SUV itu menggoda masyarakat Indonesia dengan harga yang bikin takjub yakni Rp2,287 miliar.

Berdasarkan penelurusan MNC Portal Indonesia saat ini ada 21 mobil listrik murni yang dijual di Indonesia. Angka itu tidak memasukkan mobil-mobil listrik niaga ringan yang ditawarkan oleh DFSK dan Esemka.



Angka itu juga didapat tanpa menghitung mobil-mobil listrik yang didatangkan oleh importir umum. Contohnya mobil-mobil listrik Tesla yang diimpor langsung dari Amerika Serikat oleh Prestige Motors.

Jumlah itu juga dihitung tanpa memasukkan mobil-mobil hijau lainnya yang berupa mobil hybrid dan plug-in hybrid. Angka 21 mobil listrik itu benar-benar murni mobil yang digerakkan sepenuhnya oleh baterai.

Dari data yang ada ternyata 62% mobil listrik murni yang ada di Indonesia harganya sudah tembus miliaran rupiah. Dua mobil listrik termahal yang ada saat ini justru dipegang oleh Mercedes-Benz dan BMW.

Dua mobil listrik flagship ini, yakni Mercedes-Benz EQS dan BMW i7, harganya tembus Rp3,4 miliar. Statusnya pun masih off the road. Jadi setelah urusan surat atau legalitas pemakaian di jalan tuntas, harganya bisa lebih dari Rp3,4 miliar.



Saat ini mobil-mobil listrik yang harganya di bawah miliaran rupiah justru sangat terbatas. Konsumen cuma punya pilihan mobil listrik dari Hyundai, Wuling, Nissan dan MG.

Jika dikerucutkan lagi dengan kategori mobil listrik yang harganya di bawah setengah miliar rupiah, maka pilihan cuma ada satu yakni Wuling Air ev. Tidak heran jika mobil listrik yang mendominasi pasar di Indonesia adalah Wuling Air ev dan Hyundai Ioniq 5.
62% Persen Mobil Listrik di Indonesia Harganya Tembus Miliaran Rupiah, Ini Daftarnya!


Sebelumnya, Direktur Utama PT Industri Baterai Indonesia atau Indonesia Battery Corporation (IBC) Toto Nugroho dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VI DPR RI beberapa waktu lalu mengatakan harga mobil listrik di Indonesia mahal karena belum adanya pabrik baterai di dalam negeri.

“Misalkan kita bandingkan gampangnya Ioniq 5 di Indonesia dengan di Korea, baterainya sendiri diproduksi di Korea, biaya pengirimannya praktis kecil,” kata Toto Nugroho.

Di sisi lain, Toto menambahkan, insentif yang disiapkan sejumlah negara jauh lebih signifikan untuk menekan harga jual mobil setrum di pasar mereka masing-masing. Bantuan pemerintah itu berhasil turut mendorong pembelian dan manufaktur yang masif untuk mobil listrik saat ini.

Daftar Harga Mobil-mobil Listrik di Indonesia:

1. Mercedes-Benz

Mercedes-Benz EQE Rp2,215 miliar
Mercedes-Benz EQS Rp3,41 miliar
Mercedes-Benz EQA Rp1,54 miliar
Mercedes-Benz EQB Rp1,65 miliar

2. BMW

BMW iX Rp2,398 miliar
BMW i7 Rp3,4 miliar
BMW i4 Rp2,108 miliar

3. MINI

MINI Electric Rp1,046 miliar

4. Lexus

Lexus UX 300e Ro1,245 miliar
Lexus RZ Rp2,287 miliar

5. Toyota

Toyota bZ4X Rp1,19 miliar

6. KIA

KIA EV6 Rp1,2 miliar

7. Renault

Renault Megane e-Tech Rp1,3 miliar

8. MG

MG 4 EV Rp649,9 juta

9. Wuling

Wuling Air ev Standard Range Rp243 juta
Wuling Air ev Long Range Rp299,5 juta

10. Nissan

Nissan Leaf Rp738 juta

11. Hyundai

Hyundai Ioniq 5 Standard Range Prime Rp748 juta
Hyundai Ioniq 5 Standard Range Signature Rp809 juta
Hyundai Ioniq 5 Long Range Prime Rp789 juta
Hyundai Ioniq 5 Long Range Signature Rp859 juta.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1611 seconds (0.1#10.140)