Fuso eCanter, Truk Listrik Pertama yang Dijual di Indonesia Mejeng di GIIAS 2023

Kamis, 10 Agustus 2023 - 12:52 WIB
loading...
Fuso eCanter, Truk Listrik Pertama yang Dijual di Indonesia Mejeng di GIIAS 2023
Fuso eCanter generasi baru akan debut perdana di ajang GIIAS 2023. Foto/MPI-Wahyu Sibarani
A A A
TANGERANG - Gaikindo Indonesia International Auto Show 2023 (GIIAS) di ICE BSD, Tangerang, resmi dibuka, Kamis (10/8/2023). Jajaran motor dan mobil terbaru mulai dipamerkan di ajang ini, termasuk truk listrik.

Dalam hal ini Mitsubishi menghadirkan truk listrik Fuso eCanter. Kendaraan ini akan menjadi truk listrik pertama yang akan mengaspal di Indonesia.

"Kami sangat bersemangat menghadirkan Fuso eCanter ke Indonesia. Truk listrik ini akan jadi OEM pertama yang dijual di Indonesia," kata CEO Mitsubishi Fuso Karl Deppen.

Rencananya penjualan truk listrik Fuso eCanter akan dilakukan mulai tahun depan. Sebelum dipasarkan, Fuso eCanter telah melakukan serangkaian test. Rangkaian test atau Proof of Concept (POC) itu telah dimulai sejak dua tahun lalu. Dari uji coba tersebut PT KTB berhasil mendapatkan banyak masukan untuk keberlangsungan Fuso eCanter di Tanah Air.



Sebelumnya pada 4 Agustus 2023, Duljatmono, Sales and Marketing Director PT KTB mengatakan Uji coba truk listrik eCanter telah menempuh jarak 7.000 km di berbagai medan di Indonesia. Selain tes jalan, truk tersebut juga digunakan untuk mengangkut barang-barang berat.

"Proof of Concept ini sudah kita lakukan sejak tahun lalu menjelang G20 (Bali). Dan ini adalah bagian dari kita untuk mengetahui respons masyarakat terhadap performa dari produk ini," ucap Duljatmono.

Duljatmono menjelaskan, truk listrik besutan Mitsubishi Fuso ini telah diuji coba ke sejumlah perusahaan jasa antar barang, juga perusahaan makanan. Uji coba truk di jalanan perkotaan ini menuai hasil positif, terutama dari segi performa kendaraan.



"Kita coba ke B-Log, kemudian Nestle, Pos Indonesia, sama GoTo, dan semuanya memberikan respons yang sangat positif, terutama dalam hal performance. Jadi yang cukup bagus (di truk eCanter) ini menurut mereka adalah, akselerasi yang sangat impresif, juga cornering dan lain sebagainya," kata Duljatmono.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3888 seconds (0.1#10.140)