4 Ciri-ciri Oli Gardan Motor Matic Sudah Habis

Kamis, 07 September 2023 - 14:12 WIB
loading...
A A A
Oli gardan motor habis dapat mengeluarkan bau tidak sedap. Bau tidak sedap itu dapat tercium saat motor matic dinyalakan. Oleh karena itu, bila tercium aroma yang tidak enak ketika motor dinyalakan, sudah waktunya mengganti oli gardan motor matic.

3. Motor Bergetar

Bukan hanya mengeluarkan suara yang kasar, habisnya oli gardan juga membuat motor bergetar saat dikendarai. Akibat pelumasan yang tidak sempurna, pengendara dapat merasakan motor bergetar di bagian bodi dan stang, terutama ketika melewati jalan dengan kondisi tertentu, misalnya jalan turunan.



4. Bearing Gardan Goyang

Bearing gardan, yang fungsinya menyelaraskan putaran mesin dan pulley bagian depan, pada motor matic bisa goyang atau rusak jika oli gardan habis. Tanda goyangnya bearing gardan biasanya keluar suara kasar saat laju motor matic meningkat.

Kekentalan oli gardan pada motor matic, yang berada di SAE 140 atau SAE 90, dapat berkurang dan terkontaminasi seiring dengan lamanya motor digunakan. Bila hal ini terjadi, artinya oli gardan sudah tak layak dan perlu diganti.

Demikian ciri-ciri oli gardan motor matic habis yang harus diketahui, agar kendaraan senantiasa terawat.
(msf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2490 seconds (0.1#10.140)