10 Mobil Istimewa Para Kepala Negara, Modifikasi Rolls Royce hingga Bentley

Jum'at, 13 Oktober 2023 - 12:45 WIB
loading...
10 Mobil Istimewa Para Kepala Negara, Modifikasi Rolls Royce hingga Bentley
Mobil Sultan Brunei berlapis emas 24 karat dan bernilai sekitar 14 juta dollar AS atau Rp219 miliar. (Foto: Topspeed)
A A A
JAKARTA - Setiap kepala negara mempunyai hak istimewa dalam hal kekuasaan, kekayaan, dan pengaruh. Keistimewaan itu juga terpancar dari mobil kepresidenan yang mahal dan dilengkapi dengan fitur keamanan terbaik.

Berikut 10 mobil istimewa yang digunakan para kepala negara dilansir dari Topspeed, Jumat (13/10/2023).

1. Kaisar Naruhito

Tahta kerajaan Jepang yang kini dipegang oleh Kaisar Naruhito memerintah sejak 600 SM. Menjadi monarki tertua di dunia, Sang Kaisar mengendarai Toyota Century yang dimodifikasi. Mobil ini merupakan model mewah buatan tangan yang umum dikalangan elit Jepang. Mobil ini ditenagai oleh powertain hybrid V-85.0 liter dari teknologi Lexus LS generasi keempat.

2. Sultan Brunei Hasanah Bolkiah

Sultan Brunei sangat menyukai mobil mewah. Mungkin artifak mewahnya yang paling mengesankan berupa mobil berlapis emas 24 karat dan bernilai sekitar 14 juta dollar AS atau senilai Rp219 miliar. Kendaraaan berbodi panjang ini terinspirasi Rolls Royce Silver Spur II. Modifikasi kendaraan tersebut tentu menambah bobot yang cukup besar, yaitu enam liter beban mesin serta 226 tenaga kuda di bagian depan.


3. Presiden Joe Biden

Mobil yang digunakan oleh pasukan keamanan AS, yaitu Cadillac yang dimodifikasi kemudian dinamai the Beast. Dinas keamanan merahasiakan detail kendaraan tersebut. Fitur keamanan the Beast secara umum meliputi senapan, granat peluncur roket, tabung gas air mata, dan masih banyak lagi.

4. Raja Charles III

Untuk merayakan 50 tahun pemerintahan Ratu Elizabeth II, Bentley mengirimkan dua limusin yang dibuat khusus untuk kendaraan Sang Ratu. Bentley membuat dua kendaraan dari modifikasi Bentley Arnage R. Pengaturan khusus mulai dari pengendara hingga pemakai spesial Kerajaan menjadi standar baru Bentley.

Peningkatan keamanan dilakukan, termasuk mengatasi ban bocor, perlindungan dari serangan gas, dan pelapisan lapisan pertahanan. Raja Charles III memperoleh Bentley State Limousine ini setelah Ratu Elizabeth II meninggal.

5. Presiden China Xi Jinping

Spesifikasi Rolls Royce setara dengan mobil buatan China, Hongqi L5 . Ada kemiripan antara kedua mobil tersebut, desain Hongqi kemungkinan besar meminjam beberapa petunjuk desain dari Rolls Royce. Hongqi memperbarui L5 ini pada 2023 dengan menambahkan lebih banyak krom pada eksterior, menambah velg baru, dan memanjangkan gril. Hongqi memadukan spesifikasi digital dan analog dengan tiga layar besar dan banyak tombol fisik di dasbor.

6. Presiden Italia Sergio Mattarella

Lancia Flaminia 335 milik Presiden Italia Sergio Mattarella jarang terlihat – kemunculannya hanya setiap tahun selama Hari Publik dan secara berkala saat masa perkenalan resmi. Flaminia berubah menjadi kendaraan resmi otoritas di Italia selama periode kesuksesan finansial Italia. Presiden saat itu melatih Pininfarina, perancang kendaraan luar biasa di balik kendaraan paling indah di dunia, untuk merencanakan empat kendaraan yang layak untuk Presiden dan pertemuan dengan pemerintah Inggris.

7. Presiden Chile Gabriel Boric

Passage Galaxie XL tahun 1966 yang digunakan oleh Presiden Chile Gabriel Boric diproduksi pada tahun 1960an atas permintaan keluarga Kerajaan Inggris. Ratu Elizabeth II menggunakannya selama kunjungan ke seluruh Chile dan meninggalkannya. Setelah keputusan politik Presiden Salvador Allende sebagai Presiden pada tahun 1970, ia resmi menggunakan Passage Galaxie XL sebagai kendaraan dinas dan membuang kereta kuda yang sudah digunakan.

8. Paulus VI

Paus Paulus VI mempelopori Popemobile pada 1960an dengan memanfaatkan Lincoln Lehmann-Peterson yang telah diubah untuk menyambut kelompok-kelompok di New York. Popemobile tidak memiliki banyak perangkat keamanan. Hal itu berubah ketika, saat mengendarai Fiat Campagnola Popemobile menuju Lapangan Santo Petrus yang penuh sesak, Paus Yohanes Paulus II ditembak oleh Mehmet Ali Agca. Upaya pembunuhan tersebut memicu perintah Vatikan untuk memperkuat Popemobile melawan serangan.

Popemobiles biasanya memiliki fitur keamanan yang selalu memiliki perkembangan yang tidak ada duanya seperti Konstruksi antipeluru, ketahanan terhadap ledakan, dan lapis baja mampu menahan ledakan bom.


9. Raja Filipe VI

Rolls-Royce hanya menawarkan Phantom IV kepada kepala negara dan keluarga Kerajaan Inggris. Pabrikannya baru saja membuat 18 Apparition IV sehingga menjadikannya salah satu kendaraan paling langka di planet ini. Tiga dari 18 mobilnya terdiri dari dua limusin dan sebuah mobil convertible - diserahkan kepada Jenderal Francisco Franco. Kendaraan tersebut menyoroti beberapa fitur keamanan, termasuk pelapisan lapisan pelindung dan jendela yang tidak dapat ditembus.

10. PM India Narenda Modi

Perdana Menteri India menukar Toyota Land Cruiser dan Range Rover Vogue dengan Mercedes Maybach S650 pada akhir 2021. Mobil ini digerakkan oleh mesin V12 twin turbo yang menghasilkan 621 tenaga kuda dan torsi 738 pound feet. Maybach S560 milik Modi membutuhkan semua tenaga kuda itu mengingat bobot ekstra dari penguatan keamanan.

MG/Athaya Ramadhan
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1724 seconds (0.1#10.140)