Mobil Sultan Brunei Termahal di Dunia, Kalahkan Mobil Ratu Elizabeth II

Selasa, 08 Februari 2022 - 20:39 WIB
loading...
Mobil Sultan Brunei Termahal di Dunia, Kalahkan Mobil Ratu Elizabeth II
Mobil Rolls-Royce Silver Spur II milik Sultan Brunei Hassanal Bolkiah merupakan satu-satunya di dunia. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Mobil kenegaraan Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah , Rolls-Royce Silver Spur II berlapis emas jadi mobil kenegaraan termahal di dunia. Bahkan mobil yang selalu digunakan sultan yang telah berusia 75 tahun itu berhasil mengalahkan harga mobil Bentley State Limousine milik Ratu Elizabeth II dari Inggris.

Penilaian itu sendiri dilakukan oleh perusahaan pembiayaan otomotif asal Inggris, Select Car Leasing. Penilaian itu dilakukan karena baru-baru ini Ratu Elizabeth II menggunakan Bentley State Limousine ketika menghadiri Platinum Jubilee baru-baru ini.

Saat itu banyak orang menyebutkan Bentley State Limousine yang telah lama dikendarai Ratu Elizabeth II merupakan mobil kenegaraan termahal di dunia. Hanya saja pendapat berbeda diungkap Select Car Leasing.



Mobil Sultan Brunei Termahal di Dunia, Kalahkan Mobil Ratu Elizabeth II


Berdasarkan perhitungan mereka Rolls-Royce Silver Spur II milik Sultan Hassanal Bolkiah adalah yang termahal dan paling prestisius. Berdasarkan perhitungan mereka harga mobil milik Sultan Brunei itu ada di angka USD14 juta atau setara Rp200,9 miliar.

Sebaliknya Bentley State Limousine milik Ratu Elizabeth II justru ada di angka USD13,5 kjuta atau mencapaiRp193,7 miliar. Jadi ada banyak selisih antara mobil penguasan Thailand dengan penguasa Inggris.

Menurut Select Car Leasing,mobil Sultan Hassanal Bolkiah jadi lebih mahal karena berbagai penambahan yang ada di mobil buatan Inggris itu. Misalnya lapisan emas di seluruh badan mobil. Elemen mas juga dihadirkan di desain velg yang terlihat kontras dengan warna berkilau.



Mobil Sultan Brunei Termahal di Dunia, Kalahkan Mobil Ratu Elizabeth II


Belum lagi penambahan kanopi khusus yang ada di mobil. Berbagai modifikasi itu membuat Rolls-Royce Silver Spurt II lapis emas itu jadi sangat istimewa.

Sayangnya menurut Autoevolution, Sultan Hassanal Bolkiah jarang terpublikasi mengendarai mobil itu lagi. Tidak seperti Ratu Elizabeth II yang masih selalu terlihat menggunakan Bentley State Limousine di acara-acara resmi.

Alhasil foto-foto mobil kenegaraan Sultan Hassanal Bolkiah masih mengandalkan foto-foto lama. Bisa jadi setelah lama berselang mobil itu mendapatkan sentuhan baru yang bikin harganya jadi makin istimewa.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2584 seconds (0.1#10.140)