Skandal Uji Keamanan, Daihatsu Recall 322.700 Mobil

Kamis, 25 Januari 2024 - 07:12 WIB
loading...
Skandal Uji Keamanan, Daihatsu Recall 322.700 Mobil
Imbas skandal penyimpangan uji keamanan, Daihatsu recall 322.700 mobil dari pasaran. (Foto: Carsifu)
A A A
JAKARTA - Imbas skandal penyimpangan uji keamanan yang dilakukan Daihatsu, sebanyak 322.700 mobil ditarik dari pasaran. Selain itu, Daihatsu juga memutuskan melanjutkan penghentian produksi hingga 16 Februari 2024.

"Daihatsu sudah menginformasikan ke Kementerian Transportasi Jepang terkait penarikan kembali 322.700 mobil. Ada dua model yang kena recall terkait kesalahan di bagian pintu mobil," tulis Carsifu, Kamis (25/1/2024).

Kedua mobil itu disebut Asia Nikkei adalah mobil kembar Daihatsu Cast dan Toyota Pixis Joy . Seperti Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza, kedua mobil tersebut memang berbagi platform yang sama. Keduanya juga sama-sama dibuat oleh Daihatsu.

Kedua mobil itu segera di-recall karena sangat membahayakan. Apabila terjadi tabrakan, pintu mobil Daihatsu Cast dan Toyota Pixis Joy diyakini akan terkunci.



Sementara Nippon menyebutkan kedua mobil yang ditarik adalah Daihatsu Cast dan Toyota Pixis Joy yang diproduksi pada Agustus 2015 hingga Juni 2023. "Hingga saat ini belum ada kasus yang terjadi melibatkan Daihatsu Cast dan Toyota Pixis Joy," tulis Nippon.

Pada 20 Desember 2023 lalu, Daihatsu mengumumkan secara resmi hasil investigasi dari skandal manipulasi uji tabrak dari beberapa mobil buatannya. Pengumuman hasil investigasi tersebut dilakukan Daihatsu bersama Toyota yang merupakan pemegang saham mayoritas Daihatsu.



Hasil investigasi menyebutkan terdapat 174 penyimpangan yang dilakukan Daihatsu saat memproduksi mobil. Penyimpangan itu justru berdampak pada 64 model mobil buatan Daihatsu dan juga tiga mesin yang telah diproduksi. Mobil terdampak tidak hanya di Jepang saja tapi juga yang produksi di luar negeri .

Alhasil kondisi tersebut membuat Daihatsu memutuskan menghentikan pengiriman mobil-mobil yang terdampak.
"Dari hasil ini kami akan mengumumkan seluruh mobil yang sedang diproduksi di Jepang dan negara luar untuk sementara dihentikan untuk dikirim. Kami meminta maaf atas ketidaknyamanan ini terhadap pelanggan dan stake holder," ujar Soichiro Okudaira, President Daihatsu Motor Co.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3428 seconds (0.1#10.140)