Mirip HP, Wireless Charger Mobil Listrik Sudah di Depan Mata

Sabtu, 24 Februari 2024 - 11:02 WIB
loading...
A A A
Menurut Benjamin Auslander, Wakil Presiden Penjualan dan Pemasaran Wave, menggunakan charger 250 kilowatt selama lima menit saja menambah rata-rata 10 mil jarak tempuh. "Ini memungkinkan bus tersebut menjalankan operasinya sepanjang hari tanpa harus kembali ke depot," katanya.

WAVE telah memasang lebih dari 50 pad pengisian di Amerika Utara dan memiliki hibah DOE untuk bekerja pada charger cepat 500 kilowatt untuk truk. Indianapolis juga menggunakan pengisian nirkabel untuk bus listriknya, yang dibuat oleh raksasa mobil listrik China BYD. Pada tahun 2019, kota tersebut bermitra dengan perusahaan pengisian berbasis di Pennsylvania, InductEV.

Startup pengisian nirkabel berbasis Brooklyn, HEVO Inc., bekerja sama dengan Laboratorium Nasional Oak Ridge DOE dan Stellantis NV untuk mencoba sistem nirkabel 50 kilowatt pada mobil hibrida Chrysler Pacifica, setelah menyelesaikan demo dengan charger nirkabel Level 2 tahun lalu. HEVO juga sedang mengembangkan charger nirkabel cepat 300 kilowatt dengan Oak Ridge.



Dalam apa yang mungkin menjadi sinyal kritis potensi pengisian nirkabel untuk mobil penumpang, kepala desain Tesla Franz von Holzhausen pada bulan Desember mengonfirmasi bahwa perusahaan tersebut sedang mengejar versi teknologi tersebut. "Kami sedang mengerjakan pengisian induktif, sehingga Anda bahkan tidak perlu menyematkan sesuatu pada saat itu, cukup masukkan ke garasi, parkirkan di atas pad, dan mobil akan mengisi daya," kata von Holzhausen di seri YouTube Jay Leno's Garage. Optimisme Tesla mendorong minat di antara produsen mobil lainnya juga.

Standarisasi juga dapat membantu meningkatkan adopsi. Pada tahun 2022, SAE International, sebuah asosiasi insinyur dan ahli transportasi teknis, menyelesaikan standar pertama untuk pengisian nirkabel stasioner untuk kendaraan ringan, termasuk mobil penumpang. Standar tersebut mencakup segalanya mulai dari kecepatan pengisian aman (hingga 11 kilowatt) hingga interoperabilitas dan kinerja.

"Ini berarti charger di gedung apartemen dapat dibangun," kata Gruzen. "Ini berarti tempat parkir, parkir di jalan, semua dapat mengadopsi pengisian nirkabel dari perusahaan yang spesialis dalam infrastruktur publik semacam itu. Dan produsen mobil dapat fokus pada membuat mobil yang akan kompatibel."

SAE juga telah menerbitkan panduan, meskipun bukan standar final, untuk kendaraan berat saat mengisi daya secara nirkabel dengan kecepatan hingga 500 kilowatt. Untuk saat ini, sebagian besar investasi masih menuju ke charger kendaraan konvensional, meskipun legislator federal dan negara bagian di AS mendorong untuk hibah untuk memperluas pengisian nirkabel. AS kini memiliki lebih dari 9.000 stasiun pengisian cepat publik dan lebih dari 53.000 stasiun Level 2. Kendati demikian, para ahli yakin perkembangan masa depan dalam teknologi mobil listrik akan mendorong kehadiran pengisian nirkabel.
(msf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1986 seconds (0.1#10.140)