Spesifikasi Desertcross 1000-3, Kendaraan Tempur China yang Dipakai Menyerang Ukraina

Sabtu, 09 Maret 2024 - 08:40 WIB
loading...
A A A
Produk Desertcross 1000-3 adalah kendaraan ringan dengan sasis penggerak dua-axle, mampu membawa tiga penumpang dan beberapa kargo. Desain asli, sesuai permintaan pelanggan, dapat dilengkapi dengan berbagai unit dan komponen. Secara khusus, tentara Rusia membeli kendaraan semua medan dengan kabin tertutup dan sistem pemanas.

Kendaraan semua medan ini memiliki badan terbuka dengan rangka dan kulit di mana semua elemen lain dipasang. Di bagian depan terdapat penutup kap mesin, yang dalam beberapa tingkatan trim dapat digunakan sebagai area kargo kecil. Di belakangnya adalah kabin awak tiga tempat duduk, dan platform kargo yang lengkap dipasang di belakangnya. Ada kandang pelindung penuh di atas tempat duduk awak.



Desertcross 1000-3 dilengkapi dengan mesin bensin berpendingin cair V-shaped dua silinder dengan daya 87 hp. Transmisi dibangun berdasarkan variator dan diferensial roda. Mungkin menggunakan penggerak roda belakang atau penggerak roda semua. Suspensi sumbu depan dan belakang dibangun di atas A-arms dengan pegas vertikal dan shock absorber hidropneumatik. Ada juga batang anti-roll di sumbu belakang. Roda dengan diameter 27 inci digunakan.

Panjang total kendaraan ini 3,4 m, lebar 1,8 m, tinggi 1,9 m dengan ground clearance 305 mm. Sementara berat kosongnya 1.050 kg. Kapasitas muatan adalah 550 kg dan dapat menarik trailer 300 kg. Mobil ini dapat membawa hingga tiga orang di kabin, termasuk pengemudi. Sebagai opsi, produsen menawarkan dua kursi yang dapat dilepas di platform kargo.

Desertcross 1000-3 di jalan raya mampu mencapai kecepatan hingga 80 km/jam dan memiliki jangkauan 250 km. Dalam kondisi rintangan dan off-road yang sulit, mobil dilengkapi dengan winch dengan gaya tarik lebih dari 2 ton.

Sebagian besar kendaraan tempur segala medan untuk tentara Rusia dipesan dengan elemen tambahan. Oleh karena itu, Kementerian Pertahanan ingin melengkapi peralatan dengan bumper depan dengan penguat dan bumper karet. Ini juga dilengkapi dengan kabin tipe lunak dengan kaca dan pemanas. Teknik ini dapat digunakan dengan nyaman dalam musim dingin mendatang.

Posisi menengah


Tentara Rusia saat ini dilengkapi dengan berbagai kendaraan kelas ringan dan sedang. Secara khusus, truk pikap dan kendaraan semua medan (ATV) digunakan di zona Operasi Khusus. Kendaraan-kendaraan ini digunakan sebagai transportasi untuk orang dan kargo, dan juga sebagai pembawa senjata.

Desertcross 1000-3 menempati posisi menengah antara ATV dan kendaraan ringan. Menurut informasi yang dihimpun, kendaraan tempur ini digunakan untuk operasi rekognisi dan patroli, serbuan dan operasi SAR, serta untuk kebutuhan logistik umum dalam kondisi medan sulit. Selain itu, kendaraan ini juga digunakan untuk membawa senjata. Desain Desertcross memungkinkan pemasangan senapan mesin atau sistem lainnya. Selain itu, kendaraan dapat mengangkut mortir, ATGM, MANPADS, dan senjata lainnya.
(msf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.5053 seconds (0.1#10.140)