VinFast Pede dengan Sistem Sewa Baterai, Tapi Ini 5 Kekurangannya

Senin, 18 Maret 2024 - 20:20 WIB
loading...
A A A
Mekanisme ini tidak hanya menurunkan harga dimuka bagi kendaraan listrik milik VinFast, tetapi juga biaya operasional bulanan yang sejalan atau bahkan lebih kompetitif dibandingkan banyak kendaraan berbahan bakar bensin yang ada di pasaran saat ini.

Kekurangan Sistem Sewa Baterai VinFast
VinFast Pede dengan Sistem Sewa Baterai, Tapi Ini 5 Kekurangannya

Sistem sewa baterai VinFast memang menawarkan keuntungan, seperti biaya awal lebih rendah dan kemudahan perawatan. Namun, terdapat beberapa kerugian yang perlu dipertimbangkan, seperti biaya tambahan, ketidakpastian jangka panjang, keterbatasan jarak tempuh, kurangnya fleksibilitas, dan risiko keusangan teknologi. Berikut detilnya:

1. Biaya Tambahan
Pengguna harus membayar biaya sewa baterai bulanan, yang bisa menjadi beban keuangan tambahan. Biaya sewa baterai bisa bervariasi tergantung pada jarak tempuh dan model mobil.

2. Ketidakpastian Jangka Panjang
Kebijakan sewa baterai masih belum jelas dalam jangka panjang, seperti perubahan harga, skema, dan ketersediaan baterai. Pengguna tidak memiliki kontrol atas baterai dan bergantung pada VinFast untuk penggantian dan perawatan. Risiko terikat kontrak sewa baterai jangka panjang yang tidak menguntungkan.

3. Keterbatasan Jarak Tempuh
Pengguna harus mempertimbangkan jarak tempuh dan kebiasaan mengemudi mereka, karena baterai memiliki batas pengisian dan jarak tempuh. Pengguna mungkin perlu membayar biaya tambahan jika melebihi batas jarak tempuh yang ditentukan. Ketersediaan stasiun pengisian daya yang masih terbatas di Indonesia dapat menyulitkan pengguna.

4. Kurangnya Fleksibilitas
Pengguna tidak dapat memodifikasi atau mengganti baterai dengan bebas, karena terikat kontrak dengan VinFast. Pengguna tidak memiliki akses penuh ke teknologi baterai dan terikat pada sistem VinFast.



Kemungkinan nilai jual kembali mobil lebih rendah dibandingkan mobil dengan baterai yang dimiliki.

5. Risiko Keusangan Teknologi
Teknologi baterai berkembang pesat, dan baterai yang disewa mungkin menjadi usang dalam beberapa tahun. Pengguna mungkin perlu membayar biaya tambahan untuk mengganti baterai dengan model yang lebih baru.

Risiko terikat dengan teknologi baterai yang kurang efisien atau memiliki performalebihrendah.
(dan)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2066 seconds (0.1#10.140)