3 Mahasiswa ITS Kembangkan Robot untuk Bantu Pencegahan Covid-19

Sabtu, 22 Agustus 2020 - 10:13 WIB
loading...
3 Mahasiswa ITS Kembangkan Robot untuk Bantu Pencegahan Covid-19
Mahasiswa ITS pengembang robot Hosiro-Usiro: (ki-ka) Sulaiman Ali, Oktaviansyah Purwo Bramastyo, dan Putri Norma Aprilia Radayanti. Foto: dok/its.ac.id
A A A
JAKARTA - Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan motivasi para mahasiswa di Indonesia untuk ikut berpartisipasi dalam pencegahan bencana nonalam ini. Salahsatunya dibuktikan oleh tiga mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang memiliki inovasi dalam pembuatan robot pembantu tenaga medis dan pasien Covid-19 bernama Hosiro-Usiro.

Para mahasiswa ini terdiri atas Oktaviansyah Purwo Bramastyo, Sulaiman Ali, dan Putri Norma Aprilia Radayanti yang tergabung dalam tim Kuybot. Ketiganya sudah bergelut dibidang robotika sejak beberapa tahun terakhir, baik nasional maupun internasional.

“Kami ingin menciptakan produk yang bermanfaat bagi orang lain dan tenaga medis lewat hobi kami di dunia robotika,” kata Okta, ketua tim Kuybot. (Baca: Australia Izinkan Kapal Ruang Angkasa Jepang Pembawa Asteroid Mendarat)

Robot Hosiro-Usiro merupakan singkatan dari bahasa Inggris, yaitu Hospital System Robot (Hosiro) dan Universal System Robot (Usiro). Robot ini dapat dikatakan sebagai gabungan dua robot menjadi satu atau 2 in 1.

“Hosiro itu sistem yang akan diaplikasikan di rumah sakit dan Usiro akan diaplikasikan di gedung karantina sehingga nanti tidak akan ada interface dokter,” ujarnya.

Pada masa-masa sekarang ini, seluruh anggota tim Kuybot memiliki perasaan yang sama tentang pentingnya teknologi menghadapi pandemi Covid-19 . Mereka ingin membantu para petugas medis untuk merawat dan menjaga pasien Covid-19 serta meminimalisasi kontak antara pasien dan petugas medis.

Pasien Covid-19 yang melakukan isolasi di ruang karantina akan mengalami rasa bosan dan jenuh, termasuk keterbatasan ruang gerak. Ini juga menjadi dasar tim Kuybot untuk merancang robot yang dapat berinteraksi dengan pasien. (Baca juga: Kasus Virus Corona Global Tembus 23 Juta)

“Robot yang kami buat ini, kami khususkan untuk membantu tenaga medis di rumah sakit dan membantu pasien-pasien yang mengalami ketidaknyamanan sosial karena terlalu lama menyendiri di ruangan karantina,” kata mahasiswa kelahiran 1998 itu.

Okta menceritakan bahwa Robot Hosiro-Usiro dapat digunakan di rumah sakit tempat karantina seperti Wisma Atlet di Jakarta dan sejenisnya. Robot dapat melihat kondisi pasien berupa suhu tubuh, denyut jantung, dan dapat digunakan oleh pasien sebagai media berinteraksi.

3 Mahasiswa ITS Kembangkan Robot untuk Bantu Pencegahan Covid-19
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2418 seconds (0.1#10.140)