Tantang Fortuner dan Pajero, Hyundai Segera Luncurkan SUV Bongsor

Jum'at, 16 Agustus 2024 - 18:39 WIB
loading...
Tantang Fortuner dan...
Hyundai berencana meluncurkan tiga model baru sampai akhir tahun ini. Foto/Hyundai
A A A
JAKARTA - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) berencana meluncurkan tiga model baru sampai akhir tahun ini. Salah satu yang akan diluncurkan adalah mobil SUV yang digadang bakal menjadi penantang Toyota Fortuner dan Pajero Sport.

Sebagai informasi, Hyundai sudah menjual mobil SUV bongsor, Palisade. Tapi, mobil tersebut memiliki harga cukup tinggi. Sementara Fortuner dan Pajero Sport dijual mulai Rp500 jutaan.

Fransiscus Soerjopranoto, Chief Operating Officer (COO) PT HMID mengatakan pihaknya masih memiliki setidaknya lima bulan lagi untuk memperkenalkan model baru. Dua di antara mobil tersebut adalah jenis SUV, meski tidak disebutkan secara detail modelnya.

“Ya mungkin at least 2 SUV. Satunya masih mobil listrik. Hybrid. Satunya (mungkin) ya boleh (mobil ICE). Intinya ada yang CKD (dirakit lokal) dan ada yang CBU (impor utuh),” kata Frans saat ditemui di Jakarta Selatan, belum lama ini.



Meski waktunya sangat padat, namun produk baru perlu dihadirkan karena menjadi salah satu cara untuk mendongkrak penjualan. Menurut Frans, daya beli masyarakat terhadap mobil baru menurun tahun ini karena minimnya model baru.

“Karena market sekarang turun, salah satu strategi Hyundai adalah memperkenalkan produk-produk baru supaya orang yang tadinya menahan pembelian itu bisa tertarik untuk membeli kendaraan,” ujarnya.

Dugaan kuat SUV yang akan hadir di Indonesia masuk dalam segmen hybrid, yakni All New Santa Fe. Mengingat SUV pesaing Fortuner dan Pajero Sport itu sudah beberapa kali tertangkap kamera sedang uji coba di Indonesia.



Meski tertutup rapat stiker kamuflase, tetap terlihat dari lekukan garis desain yang mengotak pada bagian belakang dan depan. SUV tersebut mengalami perubahan total dibandingkan versi mesin pembakaran internal, terutama pada tampilan luarnya.

Mesin SUV garapan produsen asal Korea Selatan itu ditawarkan dengan dua pilihan mesin di pasar global. Pertama, terdapat varian mesin bensin 2.500 cc turbo berkode Theta III dengan tenaga maksimal 281 PS dan torsi puncak 421 Nm, berpenggerak empat roda.

Sedangkan pilihan keduanya dibuat ramah lingkungan dengan menggabungkan mesin 1.600 cc turbo dengan motor listrik lengkap dengan baterai atau hybrid. Tenaganya disalurkan melalui transmisi matik 6-percepatan ke roda depan.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1531 seconds (0.1#10.140)