Jukir CentrePark Kembalikan Dompet Temuan Berisi Jutaan Rupiah ke Pemiliknya

Kamis, 10 September 2020 - 13:29 WIB
loading...
Jukir CentrePark Kembalikan Dompet Temuan Berisi Jutaan Rupiah ke Pemiliknya
Areal parkir CentrePark. Foto/Ist
A A A
SEMARANG - Kisah petugas parkir CentrePark , Riszal Febryana Putra (27), bisa menjadi contoh bagi kita, khususnya mengenai nilai-nilai kejujuran . (Baca juga: BSN Tegaskan SNI Masker Kain Sifatnya Sukarela bukan Wajib )

Juru parkir yang sehari-hari mengatur kendaraan yang parkir di gedung Tentrem Mall Semarang, Jalan Gajah Mada, Pekunden, Kota Semarang, Jawa Tengah, ini, memilih mengembalikan uang jutaan rupiah beserta surat identitas penting di dalam sebuah dompet yang tegeletak di area parkir.

Kronologisnya, pada Senin (24/8) lalu, sekitar pukul 09.00 WIB, pria asal Demak ini menemukan sebuah dompet yang terjatuh di sela-sela lot parkir menuju area luar gedung di tempatnya bekerja. Dompet berwarna hitam itu masih komplit berisi uang tunai Rp1 jutaan, kartu-kartu penting seperti KTP, BPJS, SIM dan lainnya.

Riszal menceritakan, saat menemukan dompet itu, dia sedang berjalan menuju area luar samping mal. Dia melihat sebuah dompet yang tergeletak di area parkir.

“Waktu itu seperti biasa saya kerja jam 7 pagi. Selang dua jam, sekitar jam 9 pagi saya izin istirahat sebentar, ngaso di plotingan (area outdoor samping mal). Jaraknya hanya 30 meteran dari area parkir. Teman saya gantian back up di area. Ndak lama saya balik lagi ke area, sambil cek kendaraan kalau-kalau ada barang atau kunci motor customer yang tertinggal. Nah, pas nengok kanan kiri, saya lihat ada dompet di jalanan parkiran,” cerita Riszal kepada wartawan, awal September lalu.

Dia berharap pemilik dompet itu kembali dan mengambilnya. “Saya buka isinya uang agak tebal, tapi saya ndak berani hitung. Saya sempat titipkan dompetnya kepada satpam mall, tapi kata satpamnya ‘bawa saja dulu, siapa tau orangnya balik’. Jadi saya tungguin lama di parkiran,” katanya.

Lantaran ditunggu hingga sore tidak ada kabar, dia berinisiatif mengumumkan penemuan dompet tersebut melalui media sosial Facebook di laman Media Informasi Kota Semarang (MIK SEMAR). Tak butuh waktu lama, postingan Riszal di Grup Facebook dengan anggota lebih dari 450.000 itu, direspons selang dua jam diumumkan. “Ternyata yang punya bapak-bapak. Kebetulan dia sopirnya Owner Sidomuncul,” kelakarnya.

Riszal mengaku profesinya sehari-hari adalah attendant parkir resmi di bawah naungan operator parkir nasional, CentrePark. Dia baru bergabung Januari 2020 lalu sebagai attendant di DP Mall Semarang, sebelum akhirnya dipindahkan ke Tentrem Mall.

Tidak hanya dia, teman-teman seprofesinya juga sering menemukan barang berupa uang, dompet handphone hingga kartu ATM yang tertinggal. Namun tak ada sedikit pun dalam benaknya untuk menyimpan dan menggunakan untuk keperluan dirinya sendiri.

“Saya tidak ingin mengambil, karena memang di sini itu ngawasi beneran. Kalau barang yang tertinggal, di sini selalu ada terus. Tapi ndak ada sedikit pun ada niat itu, intinya ingin jaga semua. Saya juga pernah ngerasain kehilangan barang, jadi paham betul perasaan orang yang kehilangan dompet itu,” katanya.

Head of Marketing Communications CentrePark, Inez Mahari mengatakan, setelah pihaknya menerima laporan dari Calvin, manajemen memutuskan mengamankan dompet di pos parkir CentrePark. “Dompetnya utuh, belum ada barang yang dikeluarkan dari dompet itu,” ujar Inez.

Inez mengatakan, nilai kejujuran dan sikap hormat selalu diutamakan seluruh pegawai CentrePark, terutama di lapangan. Dia pun berjanji memberikan penghargaan khusus kepada Riszal. (Baca juga: Lenovo Rilis Laptop Layar Lipat Pertama di Dunia, Apa Canggihnya? )
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3332 seconds (0.1#10.140)