Kerja di Rumah Malah Bikin Pegawai Stres, Shopee: Biar Nggak Stres Belanja Online Saja!

Sabtu, 07 November 2020 - 06:30 WIB
loading...
Kerja di Rumah Malah Bikin Pegawai Stres, Shopee: Biar Nggak Stres Belanja Online Saja!
WFH menjadi penyebab stres karena sulit memisahkan waktu bekerja dan keluarga. Foto: dok. Shutterstock
A A A
JAKARTA - Ternyata bekerja di rumah tidak otomatis membuat para pekerja bahagia. Bahkan, riset PPM Manajemen mencatat 80 persen pekerja justru stres selama pandemi Covid-19 sejak Maret 2020.

Kenapa? Ada beragam penyebabnya. Bisa karena tidak adanya ruang pembeda antara pekerjaan dan kehidupan personal, berukurangnya interaksi dengan rekan kerja, target semakin tinggi, dan ujungnya memicu kondisi stres atau burn out.

“Bekerja dari rumah memiliki banyak keuntungan, seperti fleksibilitas tinggi, lebih banyak waktu bersama keluarga dan tidak perlu melakukan perjalanan pulang-pergi kerja,” ujar Marketing Manager ShopeePay Cindy Candiawan.

Mesji demikian, kondisi ini menantang karena besarnya perubahan pada kebiasaan sehari-hari. Tidak sedikit karyawan merasa kewalahan. Terlebih yang memiliki fasilitas minim untuk menunjang aktivitas WFH.

Lalu, bagaimana solusinya? Secara tidak langsung, Cindy menyebut bahwa belanja bisa mengurangi stres. Karena menyambut 11.11, banyak diskon dan potongan harga yang diberikan market place, yang bisa membahagiakan diri, memenuhi kebutuhan sehari-hari, bahkan mendukung kegiatan WFH.

”ShopeePay Deals Rp1 berlangsung dari 1 hingga 11 November 2020, bisa dimanfaatkan untuk membeli berbagai kebutuhan penunjang WFH seperti makanan, jajanan, ataupun belanja dengan harga Rp1,” beber Cindy.



Diskon yang sama juga berlaku untuk merchant-merchant offline lewat fitur Deals Sekitarmu, yang menampilkan promo yang terdekat dengan lokasi pengguna.
”Apabila dibiarkan terus menerus, sisi negatif WFH dapat berdampak seperti kesehatan menurun, emosi tidak stabil, dan stres berlebih,” ujar Cindy. Ia juga memberi sejumlah tips selama WFH:

1. Kelola waktu dengan membuat daftar prioritas
Daftar prioritas dibutuhkan untuk mengatur pekerjaan dari yang memiliki urgensi tertinggi dan dapat mencegah adanya pekerjaan yang terlewat.

2. Pertahankan mood dan semangat
Ada banyak cara untuk membangkitkan mood, salah satunya menikmati beragam jajanan menarik yang dapat menjadi teman selama WFH.

3. Jaga kesehatan dan cukup istirahat
Selama masa pandemi semua pihak setuju bahwa menjaga kesehatan merupakan prioritas dan harus terus ditingkatkan. Konsumsi makanan sehat dan vitamin dapat diterapkan sehari-hari selama berada di rumah.

4. Apresiasi diri dengan memberikan hadiah
Memberikan hadiah kepada diri sendiri merupakan apresiasi pekerja atas kerja kerasnya selama WFH. Hadiah yang diberikan dapat bermacam-macam tergantung ketertarikan, misalnya makanan enak, voucher game, hingga perlengkapan hobi lainnya.

5. Sediakan waktu untuk interaksi virtual
Para pekerja disarankan untuk menyediakan waktu bertukar cerita dengan sanak saudara atau kerabat agar keluh kesah dapat dilepaskan sehingga mengurangi beban pikiran.

6. Bangun lingkungan kerja menyenangkan
Lingkungan kerja yang kondusif dapat meningkatkan efektivitas pekerjaan sehingga sangat disarankan untuk memiliki ruang kerja khusus yang didesain dengan baik.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3114 seconds (0.1#10.140)