KLI Siap Suplai Bus Listrik Skywell untuk TransJakarta

Rabu, 23 Desember 2020 - 11:11 WIB
loading...
KLI Siap Suplai Bus Listrik Skywell untuk TransJakarta
PT KLI tengah mengujicoba bus listrik Skywell untuk armada TransJakarta. Foto/KLI
A A A
JAKARTA - PT Kendaraan Listrik Indonesia (KLI), Agen Pemegang Merek (APM) Skywell di Indonesia, siap mendukung TransJakarta untuk menyiapkan sarana transportasi umum ramah lingkungan di Jakarta. Melalui unit bus listrik Skywell, PT KLI berharap dapat menjadi bagian dari armada TransJakarta segera setelah menyelesaikan tahapan pra uji coba dan uji coba yang saat ini sedang berlangsung. (Baca juga : Tak Cocok di Eropa dan Asia, McLaren Terkuat Cuma Dijual di Amerika )

PT KLI Hal ini ditegaskan oleh Andrew Hartono Budiarso selaku Executive Director, PT KLI, yang mengatakan kalau unit Skywell siap untuk digunakan sebagai transportasi umum. “Kami sudah merealisasikan Skywell tipe NJL6126BEV sebagai contoh untuk uji coba trayek TransJakarta. Saat ini, unit tersebut sudah dalam proses pra uji coba dan siap lanjut ke tahap uji coba.”

Andrew meyakini kalau keberhasilan ini tidak lepas dari teknologi dan kesiapan Skywell mendukung kemajuan transportasi di Indonesia. “Keyakinan akan mulusnya proses kedua tahapan diatas didasari atas kerja keras dipemenuhan 100% desain dan kelengkapan saat pembuatan unit uji coba,” tutur Andrew.

KLI Siap Suplai Bus Listrik Skywell untuk TransJakarta


Pada tahap uji akhir, PT KLI berharap agar segara berlanjut kepada keputusan operator dan TransJakarta untuk merealisasi pemakaian Skywell sebagai armada resmi dari TransJakarta. PT KLI ingin mewujudkan harapannya dengan mendukung penuh pemerintah Indonesia dalam menciptakan kendaraan ramah lingkungan yang efisien sehingga tercipta kemakmuran di Indonesia. (Baca juga : Waspada Tesla, Mercedes-Benz Siapkan Layar Sentuh Hiper )

Nantinya, bus listrik ini diharapkan dapat beroperasi pada rute-rute yang dilalui oleh TransJakarta. Untuk tahap ini, Skywell merupakan satu-satunya merek bus listrik yang sejak awal dirancang memenuhi spesifikasi teknis BRT TransJakarta. Spesifikasi dari unit yang digunakan disesuaikan dengan spesifikasi kebutuhan TransJakarta seperti tinggi deck, kapasitas penumpang serta interior yang dimiliki oleh bus TransJakarta saat ini.

Dari sisi daya, Skywell NJL6126BEVdidukung dengan baterai Lithium Iron Phosphate (LiFePo4) yang memiliki daya sebesar 258 kwh. Hanya dengan mengisi daya selama 2 jam bus ini dirancang mampumenempuh perjalanan sejauh 260 km. Dengan kemampuan Skywell yang demikian, maka diharapkan cukup memenuhi kebutuhan rata-rata operasional TransJakarta. Efisiensi inilah yang dibutuhkan untuk terciptanya kemajuan transportasi umum Indonesia.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1491 seconds (0.1#10.140)