Palang Kemudi Pesawat Jet Tesla Model S dan Model X Dinilai Ilegal

Senin, 01 Februari 2021 - 23:00 WIB
loading...
Palang Kemudi Pesawat Jet Tesla Model S dan Model X Dinilai Ilegal
Tesla Model S Plaid dan Tesla Model X Plaid menggunakan setir mobil yang seperti palang kemudi pesawat jet. Foto/Tesla
A A A
PALO ALTO - Palang kemudi Tesla Model S dan Model X Plaid, yang baru diluncurkan beberapa waktu lalu dinilai ilegal. Diketahui Tesla Model S Plaid dan Tesla Model X Plaid dilengkapi dengan palang kemudi yang tidak biasa yakni mirip palang kemudi pesawat jet.

Palang kemudi itu bahkan lebih futuristis ketimbang palang kemudi mobil Formula 1. Pasalnya palang kemudi itu tidak dilengkapi dengan sisi bagian atas sehingga mirip palang kemudi pesawat jet.

Palang Kemudi Pesawat Jet Tesla Model S dan Model X Dinilai Ilegal


Hanya saja baru-baru ini majalah Road & Track mengkonfirmasi desain palang kemudi kontroversial Tesla itu ke badan transportasi Amerika, The National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA). Mereka menilai bahwa palang kemudi mobil listrik itu sangat tidak sesuai dengan standar keamanan.

Mereka mengatakan palang kemudi seperti palang kemudi pesawat jet akan sangat berbahaya jika digunakan untuk berputar balik dan memarkirkan kendaraan. Pasalnya palang kemudi tidak memiliki sisi bagian atas yang harusnya bekerja membantu pengemudi melakukan gerakan putar balik atau memarkirkan kendaraan.

Inilah mengapa menurut Road & Track, palang kemudi mirip pesawat jet itu hanya kerap digunakan di mobil-mobil konsep. Jika digunakan di mobil-mobi produksi massal otomatis palang kemudi itu lebih berbahaya karena tidak berfungsi maksimal.

Pihak NHTSA sendiri berjanji akan mengonfirmasi keberadaan palang kemudi Tesla Model S Plaid dan Tesla Model X Plaid ke Tesla. "Saat ini kami belum bisa memutusukan apakah palang kemudi itu telah memenuhi ketentuan standar keamanan peraturan federal. Kami akan mengonfirmasi langsung ke pihak produsen," tulis NHTSA.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3426 seconds (0.1#10.140)