Toyota Dominasi Ajang Penghargaan Uji Tabrak di ASEAN

Rabu, 17 Februari 2021 - 09:00 WIB
loading...
Toyota Dominasi Ajang Penghargaan Uji Tabrak di ASEAN
Toyota menjadi merek mobil yang paling banyak meraih skor lima bintang uji tabrak ASEAN NCAP sepanjang 2019-2020. Foto/Asean NCAP
A A A
JAKARTA - Pabrikan mobil Toyota mendominasi ajang 4th ASEAN NCAP Grand Prix Awards 2021 yang diselenggarakan oleh ASEAN NCAP kemarin. Dari 16 kategori yang dilombakan di ajang tersebut merek Toyota mendominasi 5 kategori. Diketahui ASEAN NCAP membagi 16 kategori tersebut dalam dua penilaian yakni Excellent Award dan Best Safety Performance Award.

Excellence Award menurut ASEAN NCAP merupakan penilaian yang diberikan atas upaya peningkatan standar keamanan yang dilakukan oleh mobil, pabrikan dan individu-individu di kawasan ASEAN. Sementara Best Safety Performance Award adalah penilaian yang diberikan kepada mobil-mobil yang meraih nilai tertinggi di uji tabrak ASEAN NCAP selama 2019 hingga 2020.

Nah dari dua penilaian itu Toyota dominan karena berhasil menjadi yang terbaik. Lima kategori yang dimenangkan Toyota adalah Continuous Safety Improvement yang diraih Toyota Corolla Altis, Toyota Hilux dan Toyota Innova. Toyota juga memenangkan kategori The Most 5-Star Brand atau merek mobil yang paling banyak meraih skor lima bintang uji tabrak ASEAN NCAP. Selain itu dari penilaian Best Safety Performance Award, Toyota Majesty berhasil menjadi yang terbaik selama penilaian 2019 hingga 2020.

Di luar Toyota, merek mobil yang juga mendominasi adalah Honda. Pabrikan mobil Jepang berlogo Hitu justru mendominasi di penilaian Best Safety Performance Award. Mobil sedan flagship mereka Honda Accord mendominasi Best Safety Perfomance Award di Child Occupant Protection dan Adult Occupant Protection.

Toyota Dominasi Ajang Penghargaan Uji Tabrak di ASEAN


Nilai tertinggi itu membuat Honda Accord menjadi yang terbaik di kategori overall Best Safety Performance Award. Sementara di penilaian Excellence Award, Honda hanya meraih satu kategori yakni most consistent 5-star atau mobil yang paling sering mendapat skor 5 bintang uji tabrak ASEAN NCAP yakni Honda City.

Sekretaris Jenderal dan Plt Ketua Umum ASEAN NCAP Khairil Anwar Abu Kassim mengatakan selama tiga tahun belakangan ini pabrikan mobil di ASEAN telah menunjukkan upaya yang positif dalam memberikan mobil yang aman buat konsumen. Pabrikan mobil mulai melengkapi mobil-mobil mereka dengan fitur keamanan yang terbaik. "Kami harapkan penghargaan ini membangkitkan semangatkompetisi pada pabrikan lainnya yang belum memberikan fitur keamanan terbaik buat konsumen," jelasnya.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3438 seconds (0.1#10.140)