Faktor X Hyundai Palisade Bertempur di Segmen SUV Supermewah

Rabu, 17 Februari 2021 - 12:37 WIB
loading...
Faktor X Hyundai Palisade Bertempur di  Segmen SUV Supermewah
Hyundai Palisade hadir di Indonesia dengan tiga varian yang rentang harganya dimulai dari Rp888 juta hingga Rp1,078 miliar. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Hyundai Palisade memiliki faktor x yang sangat cukup untuk bertempur di segmen SUV super mewah. Mobil ini merupakan cara Hyundai Motors Indonesia (HMDI) membuktikan bahwa kemewahan esktra bisa dijangkau oleh semua orang. Dengan tampilan dimensi yang besar dan kemewahan yang menawan, Hyundai Palisade memang dapat dengan menipu semua orang.

Baca juga : Daihatsu Rocky Datang ke Indonesia dengan Mesin Kecil, Pantaskah?


Bisa jadi banyak orang menganggap SUV monokok tiga baris kursi penumpang milik Hyundai itu dibanderol di atas harga Rp1,2 miliar. Nyatanya Hyundai Palisade yang hadir dalam tiga varian memiliki banderol yang tidak menekan psikologis. Ketiga varian itu adalah Prime dengan harga Rp 777 juta, Signature (Rp888 juta), dan Signature AWD (Rp 1,078 miliar). Harga tersebut berlaku ont he road untuk wilayah DKI Jakarta.

Kehadiran Hyundai Palisade di Indonesia otomatis menggeser big SUV Hyundai lainnya yang sudah lebih lama hadir di Indonesia, Hyundai Santa Fe. Kini posisi flagship SUV langsung diisi oleh Hyundai Palisade.



Posisi itu otomatis membuat Hyundai Palisade berhadap-hadapan langsung dengan SUV bertubuh besar yang harganya juga ekstra seperti BMW X7, Mercedes-Benz GLS, Lexus LX570, Audi Q7 dan Mazda CX-9.
Jika harganya disandingkan otomatis pesaing terberat Hyundai Palisade adalah Mazda CX-9. Pasalnya trio Jerman dan Lexus LX570 harganya sudah tembus di atas Rp2 miliar sedangkan Mazda CX-9 hadir dalam dua varian dengan harga Mazda CX-9 AWD di harga Rp954,9 juta dan Mazda CX-9 di harga Rp849,9 juta.

Faktor Desain

Faktor X Hyundai Palisade Bertempur di Segmen SUV Supermewah


Dari segi tampilan Hyundai Palisade justru memilih hadire dengan desain yang besar dan kokoh. Sangat-sangat mirip dengan selera orang Amerika dalam membeli SUV. Hal inilah yang dirasa sangat cukup membantu positioning Hyundai Palisade di pasar indonesia. Pasalnya konsumen Indonesia memang menginginkan sebuah mobil yang kehadirannya di jalan raya yang keras ini terasa.

Dan memang Hyundai Palisade memiliki semua elemen SUV yang perkasa dan fungsional sekaligus tetap mempertahanan aura kemewahannya. Sektor belakang, bagasi dibuat padat, kaca sudah dilengkapi defogger dan wiper. Lampu pengereman LED cukup lebar dengan aksen silver, dan punya dua lubang knalpot.

Menegaskan kesan mewah, terdapat sunroof untuk penumpang di depan, dan belakang hanya panoramic artinya kaca tidak bisa dibuka.



Faktor Interior

Faktor X Hyundai Palisade Bertempur di Segmen SUV Supermewah


Untuk pilihan interior, Hyundai Palisade memilikii tiga pilihan warna, black mono-tone, black-burgundy, dan navy-warm grey. Door trim, dashboard dibalut kulit berwarna hitam, atap dan pilar berbahan beludru warna hitam, dan jok merah dibungkus bahan kulit Nappa.

Pengaturan jok pengemudi, dan penumpang depan elektrik, dan bisa disimpan melalui memori untuk posisi idaman. Sistem hiburannya cukup unik, head unit layar sentuh berukuran 8 inci memiliki yang dapat terhubung ke smartphone.

Di tengahnya terdapat layar berukuran 3 inci yang menyajikan berbagai informasi, mulai dari jarak tempuh, konsumsi bahan bakar, mode berkendara yang dapat di atur, suhu di luar mobil, informasi seputar fitur keamanan, dan lain-lain.

Konsol tengah terdapat pengaturan AC yang sudah digital, lalu ada knop untuk mode berkendara dengan 4 pilihan, yakni comfort, eco, smart, dan sport. Sedangkan di tipe Siganture AWD ada tambahan menu terrain untuk mengatur traksi keempat roda di berbagai medan jalan.

Elemen modern sangat terlihat di tuas transmisi. Penggunaan sistem shift by wire membuat transmisi bisa dijalankan hanya dengan menekan tombol.

Faktor Fungsionalitas

Faktor X Hyundai Palisade Bertempur di Segmen SUV Supermewah


Terdapat 7 colokan USB untuk memudahkan pengisian baterai gadget yang tersedi untuk semua penumpang, dan di dalam cup holder konsol tengah terdapat charging wireless. Tempat penyimpanan yang tersedia di dalam kabin juga cukup banyak.

Untuk konfigurasinya, jok pada baris kedua model captain seat, dan baris ketiga dapat menampung 3 penumpang.

Untuk daya angkut Kapasitas bagasi dengan posisi jok baris ketiga tegap kapasitasnya 495 liter, namun saat bangku dilipat jadi 2.464 liter, sangat luas. Secara fungsional makin lengkap karena Hyundai Palisade dilengkapi dengan dengan roof rail.



Faktor Fitur Canggih

Faktor X Hyundai Palisade Bertempur di Segmen SUV Supermewah


Untuk memberikan kenyamanan saat berada di dalam kabin, jok pengemudi, penumpang depan dan baris kedua memiliki ventilasi yang dapat mengeluarkan udara dingin atau panas menyesuaikan keinginan penumpang.

Palisade didukung rear cross-traffic collision warning. Mobil melakukan pengereman otomatis, ketika mundur karena masih ada objek yang bergerak mendekat seperti mobil, atau motor yang lewat.

Standar fitur keamanan lainnya meliputi blind spot collision warning yang akan berbunyi ketika ada kendaraan lan mendekat dari sisi samping ketika berjalan. Lalu safe exit assist yang dapat mengunci pintu baris kedua secara otomatis, ketika ingin dibuka namun ada objek yang dianggap tidak aman mendekat. Terdapat 6 air bags pada bagian depan, dan samping.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1880 seconds (0.1#10.140)