Mengungkap Keberadaan Black Box di Mobil, Mitos atau Fakta?

Selasa, 02 Maret 2021 - 14:00 WIB
loading...
A A A
Perbedaan peraturan membuat kendaraan di Indonesia tidak dilengkapi dengan EDR. Hanya saja ketiadaan EDR masih bisa diatasi dengan penggunaan perangkat Electronic Control Unit (ECU) yang ada di mesin mobil. ECU memiliki kemampuan merekam data seperti kecepatan, putaran mesin, pengereman, dan lainnya. Hanya saja data ini dikatakan tercatat real time dan tidak punya riwayat rekaman dalam periode tertentu.

Misalnya terjadi kecelakaan lalu mesin mati maka catatan terakhir ECU mesin bisa diakses. Namun rekaman sebelum kecelakaan tidak ada sebab fitur rekaman seperti EDR itu tidak tersedia.


Mengungkap Keberadaan Black Box di Mobil, Mitos atau Fakta?


Pernahkah Indonesia membuatnya? Jawabannya pernah. Dalam salah satu kegiatan bertajuk Electrical Engineering Days 2018, sejumlah mahasiswa elektro dari Institut Teknologi Bandung (ITB) yakni Mutia Marwa, Gregorius Henry dan Hans Christian membuat black box untuk mobil.

Alat yang dinamakan 'Car Blackbox' itu berfungsi untuk melaporkan jejak rekam terkait kendaraan sebelum terjadinya kecelakaan. Nantinya lewat data tersebut bisa dianalisis penyebab kecelakaan. Jadi sangat sama dengan EDR. Hanya saja hingga kini penggunaan Car Blackbox di mobil-mobil produksi buatan Indonesia sama sekali tidak ditemukan. Mungkin akan ditemukan di mobil yang diimpor secara utuh. Hanya saja banyak orang yang tidak menyadari keberadaannya.
(wsb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2000 seconds (0.1#10.140)