GM Ajukan Paten Lantai Mobil yang Bisa Memijat Telapak Kaki

Rabu, 03 Maret 2021 - 11:10 WIB
loading...
GM Ajukan Paten Lantai Mobil yang Bisa Memijat Telapak Kaki
Paten teknologi lantai mobil pemijat kaki diperkirakan akan dipasang di mobil listrik termewah buatan GM, Cadillac Celestiq. Foto/IST
JAKARTA - General Motors (GM) baru-baru ini diketahui mengajukan paten teknologi mobil yang unik yakni lantai mobil yang bisa memijat kaki. Menurut Autoblog, teknologi lantai mobil pemijat kaki itu diajukan sejak Februari lalu.

Baca juga : 95 Mobil Terbaik Inggris Rayakan Ulang Tahun ke-95 Ratu Inggris

Teknologi pemijat anggota tubuhsebenarnya tidak asing lagi di mobil-mobil mahal. Biasanya teknologi itu ditemukan di jok mobil tersebut. Sekali pun ada yang bisa memijat kaki, itu hanya didapat di bagian betis yang biasanya ada di jok captain seat yang memiliki jok penopang kaki.

Namun belum ada satu pun mobil yang memasang fitur atau teknologi itu di lantai mobil dengan tujuan agar telapak kaki bisa dipijat. Tidak heran jika paten yang diajukan GM itu benar-benar jadi terobosan baru.



GM Ajukan Paten Lantai Mobil yang Bisa Memijat Telapak Kaki


Sayangnya dalam paten yang diajukan tersebut, GM sama sekali tidak memberikan deskripsi bagaimana teknologi lantai mobil pemijat kaki itu akan bekerja. Banyak kemungkinan yang bisa dilakukan agar teknologi itu bekerja misalnya dengan memasang teknologi pemijat di karpet mobil atau memang benar-benar dipasang di lantai mobil.

Secara teknis, untuk menghasilkan efek pijat biasanya pabrikan mobil mengombinasikan beberapa sistem seperti elemen pneumatik dan perangkat penghasil tekanan udara. Keduanya bekerja sama membuat efek pijatan ke seluruh lapisan yang ada di dalam mobil.Nah biasanya efek itu akan dikirim ke seluruh lapisan jok mobil. Dalam hal GM, efek tu kemungkinkan akan disalurkan ke seluruh lantai mobil.



Baca juga : Honda Ajukan Paten Motor yang Dilengkapi dengan Drone

Autoblog sendiri menduga teknologi ini akan dijadikan teknologi yang istimewa buat mobil listrik premium mereka, Cadillac Celestiq. Mobil listrik itu memang akan ditempatkan sebagai mobil listrik termewah dan premium di jajaran mobil-mobil listrik GM.

Hanya saja bisa jadi teknologi itu memang tidak akan jadi kenyataan. Pasalnya sudah tidak asing lagi banyak produsen otomotif mengajukanpatenyang sangat unik dan mencengangkan namun banyak juga yang tak pernah terealisasi. Misalnya Volvo yang pernah mengajukan paten palang kemudi yang bisa digeser ke kiri dan ke kanan sepanjang dashboard mobil. Juga teknologi gas air mata yang diajukan Toyota guna mencegah pencurian mobil-mobil Toyota. Sejak paten diajukan hingga kini teknologi itu tidak pernah diwujudkan.
(wsb)
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE