Serius Garap Mobil Listrik, Honda hanya Menjual Kendaraan Listrik di Masa Depan

Sabtu, 24 April 2021 - 11:02 WIB
loading...
Serius Garap Mobil Listrik, Honda hanya Menjual Kendaraan Listrik di Masa Depan
Foto/dok
A A A
NEW YORK - Honda menjadi produsen mobil terbaru yang menjanjikan masa depan bebas emisi. Dalam konferensi pers pertamanya, CEO Honda Toshihiro Mibe mengatakan pada hari Jumat bahwa perusahaan "akan berusaha" untuk hanya menjual kendaraan listrik pada tahun 2040 di tiga pasar utama di mana ia terutama menjual mobil - Amerika Utara, China dan Jepang.

Honda bukanlah pemain utama di pasar mobil Eropa, meskipun aturan lingkungan yang lebih ketat di Eropa mungkin akan memaksanya untuk hanya menjual kendaraan bebas emisi di sana.



Honda juga mengatakan secara global akan menjual 40% kendaraan bebas emisi pada 2030, dan 80% pada 2035.

Keputusan Honda muncul setelah General Motors (GM) mengumumkan pada Januari tentang "aspirasi" untuk hanya menjual mobil bebas emisi pada tahun 2035. Ford (F) telah mengatakan rencananya untuk hanya menjual mobil penumpang listrik di Eropa pada tahun 2030. Volvo mengatakan dalam Maret berencana untuk menjadi listrik sepenuhnya di seluruh dunia pada tahun 2030.

Hampir semua pembuat mobil meningkatkan rencana produksi kendaraan listrik untuk memenuhi peraturan lingkungan yang semakin ketat dan lebih mahal. Presiden Joe Biden minggu ini mengumumkan tujuan baru: Pada tahun 2030, Amerika Serikat akan mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 50% menjadi 52% di bawah tingkat emisi 2005.

Berbagai pemerintah telah mengumumkan aturan yang akan mewajibkan mobil hibrida plug-in atau bebas emisi pada berbagai tanggal di masa depan. Gubernur California Gavin Newsom telah menandatangani perintah eksekutif yang meminta hanya mobil bebas emisi yang akan dijual di sana pada tahun 2035.



Permintaan kendaraan listrik meningkat karena pembuat mobil mengembangkan lebih banyak pilihan dengan harga lebih murah. Dan ada juga motif ekonomi bagi pembuat mobil tradisional untuk beralih: Mobil listrik memiliki lebih sedikit bagian yang bergerak daripada kendaraan bertenaga gas, dan karena itu bisa lebih murah untuk dibuat karena membutuhkan lebih sedikit tenaga kerja.

Salah satu produsen mobil yang belum menetapkan target tanggal untuk konversi ke masa depan bebas emisi adalah Volkswagen (VLKAF). Meskipun tidak ada tanggal target untuk hanya menjual mobil bebas emisi, Volkswagen mengatakan pihaknya berencana untuk sepenuhnya netral karbon pada tahun 2050.

Mereka menginvestasikan € 35 miliar, atau $ 42 miliar, untuk memproduksi kendaraan listrik, dengan target menjual 2 juta kendaraan tersebut setahun pada tahun 2025. Itu memungkinkannya untuk lulus Tesla, pemimpin EV global saat ini. Tesla (TSLA), yang hanya menjual EV, menjual 500.000 mobil tahun lalu.



Di beberapa pasar Eropa, seperti Norwegia, satu-satunya negara yang sebagian besar penjualan mobilnya sudah menggunakan EV, VW telah melampaui Tesla dalam penjualan EV.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1865 seconds (0.1#10.140)